Kepastian Capres-Cawapres Beri Sentimen Positif bagi Perekonomian

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 10 Aug 2018 11:16 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesia
Kepastian Capres-Cawapres Beri Sentimen Positif bagi Perekonomian
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Jakarta: Kepastian siapa yang akan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 terjawab sudah. Adapun dua pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan bertarung yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Menurut saya pengumuman capres dan cawapres akan memengaruhi sentimen pasar terkait dengan prospek perekonomian Indonesia dalam lima tahun ke depan," kata Ekonom Bank Permata Josua Pardede, kepada Medcom.id, di Jakarta, Jumat, 10 Agustus 2018.

Dirinya menambahkan pelaku pasar pada umumnya mengharapkan pemilu dapat berjalan dengan aman, damai, serta stabilitas dan kesinambungan ekonomi dapat dipertahankan sehingga akan tetap mendukung baiknya iklim investasi.

"Dengan terpilihnya Pak Ma’ruf Amin sebagai cawapres Pak Jokowi, diharapkan akan mendukung solidnya koalisi Jokowi sehingga dapat meningkatkan peluang Pak Jokowi untuk melanjutkan masa jabatannnya menjadi dua periode," jelas dia.



Hal tersebut, lanjut Josua, mengindikasikan bahwa kebijakan perekonomian diperkirakan cenderung tidak mengalami perubahan yang signifikan. Selain itu, dengan dipilihnya Ma’ruf Amin, diharapkan isu politik indentitas dapat diredam sehingga tetap menjaga stabilitas politik jelang pemilu di 2019.

"Harapan pelaku pasar adalah bagaimana keberlanjutan dunia usaha dan stabilitas pasar keuangan dapat dipertahankan mengingat persepsi investor global cenderung positif bagi pemerintahan saat ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, masih kata Josua, ke depannya capres dan cawapres yang menang dalam Pilpres mendatang diharapkan dapat membenahi isu-isu struktural dalam perekonomian. Upaya ini diharapkan bisa mendukung visi ekonomi Indonesia pada 2045 untuk keluar dari middle income trap.

"Di samping itu pula, jika petahana menang dalam Pilpres 2019, harapan pasar adalah kebijakan reformasi struktural dapat dilanjutkan sedemikian sehingga akan memperkokoh fundamental ekonomi Indonesia dalam jangka panjang," pungkas dia.

 


(ABD)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA