Bahas Ekonomi Terkini, Sri Mulyani Kumpulkan Lembaga Keuangan

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 11 May 2018 19:09 WIB
ekonomi indonesiakssk
Bahas Ekonomi Terkini, Sri Mulyani Kumpulkan Lembaga Keuangan
Menkeu Sri Mulyani saat konferensi pers kondisi ekonomi terkini. (FOTO: Dokumentasi Ditjen Pajak)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengumpulkan lebih dari 40 lembaga keuangan untuk memberikan informasi ekonomi terkini di sektor keuangan, capital market, dan surat berharga yang dalam beberapa waktu terakhir mengalami tekanan.

Sri Mulyani didampingi oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Fauzi Ichsan.

Ani, sapaan akrab Sri mengatakan semua undangan sepakat bahwa tekanan yang terjadi di sektor keuangan murni penyebabnya dari luar negeri. Dia bilang lembaga keuangan tersebut menilai ekonomi Indonesia serta kebijakan yang dilakukan pemerintah sama sekali tidak menjadi pemicu terjadinya gejolak.

"Mereka masih memiliki optimisme terhadap policy pemerintah dan kinerja ekonomi. namun memang sumber yang berasal dari luar negeri," kata  Ani di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta Selatan, Jumat, 11 Mei 2018.

Selain itu, kata Ani, mereka juga menanyakan mengenai koordinasi antara pemerintah dan BI dalam menyikapi apabila kondisi gejolak ini terus berjalan, terutama respons BI dalam situasi jangka pendek. Juga mengenai outlook dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terutama terkait harga minyak dunia terhadap subsidi.

Sementara itu, Agus menambahkan dalam pertemuan dengan lembaga keuangan sama-sama memiliki kesepahaman bahwa Indonesia dalam kondisi baik.

"Kita punya optimisme, Indonesia adalah negara yang akan masuk kondisi normal yang baru," jelas Agus.


(AHL)