Pemerintah tak Mengajukan APBN Perubahan 2018

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 09 Jul 2018 20:35 WIB
APBNP 2018
Pemerintah tak Mengajukan APBN Perubahan 2018
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Bogor: Pemerintah tak akan mengajukan postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2018. Pasalnya, pelaksanaannya hingga semester I ini sudah cukup baik.

"Karena postur APBN cukup baik dan tidak mengalami deviasi yang besar dari sisi jumlah penerimaan negara dan jumlah belanja negara, dan defisit lebih kecil dari direncanakan, maka Bapak Presiden menyampaikan bahwa untuk APBN 2018 ini kita tidak melakukan APBN perubahan,"kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin, 9 Juli 2018.

Dia akan menyampaikan hal ini kepada DPR pada pekan depan. Dengan APBN yang baik ini, lanjut dia, pemerintah akan menggunakan instrumen fiskal untuk tetap menjaga perekonomian Tanah Air. Terutama, kondisi perekonomian yang dihadapkan kepada tekanan global. 

Baca: APBN Perubahan 2018 Dinilai Bisa Memperkuat Gerak Rupiah

Sri Mulyani juga memastikan pemerintah akan terus berupaya memperbaiki berbagai sektor yang butuh dukungan, baik dalam bentuk insentif maupun dari sisi lain. Sehingga, kondisi ekonomi ini tetap bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekspor, mengelola impor agar tidak meningkatkan tekanan terhadap eksternal balance.

"Dan kita bersama-sama dengan otoritas moneter dan OJK untuk terus menjaga agar dalam menghadapi gejolak global kita tetap bisa menjaga ekonomi stabil dan berkelanjutan," pungkas dia.

 


(DMR)