Asian Games Diharapkan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Suci Sedya Utami    •    Minggu, 13 May 2018 19:07 WIB
asian games
Asian Games Diharapkan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi
Dampak Ekonomi ke Asean Games. Medcom/Suci.

Jakarta: Gelaran Asian Games 2018 yang dilangsungkan di dua kota di Indonesia yakni Jakarta dan Palembang diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mencontohkan Jepang yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Jepang telah memperkirakan dampak acara besar tersebut bagi perekonomian Negeri Sakura.

"Perkirakan awal akan ciptakan satu persen PDB (produk domestik bruto)," kata Bambang dalam diskusi menakar potensi ekonomi Asian Games, di Kominfo, Jakarta Pusat, Minggu, 13 Mei 2018.

Namun, untuk Indonesia, Bambang belum mau menyebutkan angka. Dia bilang, pihaknya akan menghitung potensi ke pertumbuhan apabila acara tersebut telah dimulai.

Dia bilang, dirinya tidak mau sembarangan ketika menyebut angka. Ia ingin menggunakan realitas yang terjadi. Seperti konsumsi, kegiatan produksi, penciptaan lapangan kerja, lalu sumbangan ke penerimaan negara, dari situlah, lanjut Bambang, seberapa besar dampak ekonomi dapat dihitung.

"Ya mudah-mudahan Asian Games bisa mem-boost di kuartal III bersama agenda IMF-World Bank juga. Kalau kuartal III nanti kita lihat, saya enggak berani ngomong angka kalau belum dihitung," jelas dia.

Sebagai informasi, dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2018 menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen. Sementara, realisasi di kuartal pertama sebesar 5,06 persen.

 


(SAW)