Besok, Dua Calon Deputi Gubernur BI akan Fit and Proper Test di DPR

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 29 Nov 2016 19:57 WIB
bank indonesia
Besok, Dua Calon Deputi Gubernur BI akan <i>Fit and Proper Test</i> di DPR
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masa kerja dua Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) akan habis pada akhir tahun ini. Nama-nama calon pengganti sudah diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada DPR.

Masa jabatan Deputi Gubernur Bidang Sistem Pembayaran, Pengelolaan Rupiah, Sistem Informasi, serta Pengelolaan Pinjaman dan Transaksi Pemerintah Ronald Waas bersama Deputi Gubernur Bidang Logistik, Pengamanan Aset, Ekonomi Syariah, dan Kawasan Regional, Hendar akan habis pada akhir 2016.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara membeberkan rencana fit and proper test pengganti kedua pejabat tersebut. Menurutnya, fit and proper test pengganti kedua pejabat tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua hari, yakni besok dan lusa.

Tirta menambahkan, terdapat tiga calon yang sudah diajukan Presiden untuk menggantikan kedua pejabat tersebut. "Ada Dody Waluyo (Asisten Gubernur), Hendy Sulistiowati (Direktur Eksekutif Kepala Departemen Statistik), dan Sugeng (Direktur Eksekutif Kepala BI Institute)," ujar Tirta di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Tirta mengaku tidak tahu berapa lama proses fit and proper test tersebut. Ia menduga keputusan final dari Komisi XI DPR tidak akan ditentukan besok. Komisi XI DPR tentunya akan konsultasi secara internal dahulu sebelum memutuskan.

"Jadi prosesnya, Presiden mengajukan ke DPR. Pak Gubernur (BI) hanya memberi masukan saja ke Presiden. Dari Presiden ke DPR, lalu ke Bamus, baru ke Komisi XI baru fit and proper test," jelasnya.


(AHL)