Kepala Bappenas Rencanakan Tanggul Laut Diperpanjang Menjadi 60 Km

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 14 Sep 2017 16:31 WIB
bappenas
Kepala Bappenas Rencanakan Tanggul Laut Diperpanjang Menjadi 60 Km
Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. ANT/Sigid Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berencana untuk memperpanjang tanggul laut yang berada di Jakarta Utara yang semula 20 Kilometer (Km) menjadi 60 Km.

Hal itu dikatakan Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro sebab menurutnya tanggul laut sangat diperlukan agar Jakarta tidak tenggelam.

"Nanti tanggul pantainya kalau perlu diperpanjang sampai 60 Km," ungkap Bambang di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Dari 20 Km target pembangunan tanggul laut saat ini, Bambang mengatakan pembangunan saat ini sudah sekitar 3 Km. Pemerintah menargetkan pembangunan tanggul laut dapat diselesaikan secepatnya.

"Tanggul 20 Km, 3 Km sudah selesai. Tahun ini harusnya sudah selesai," kata dia.

Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) sebagai pelaksana sebelumnya telah melaporkan pembangunan tanggul laut tahap darurat baru mencapai 2,82 km dari total target 20,1 Km. Tanggul laut di Muara Baru, Pluit, Jakarta Utara sudah terbangun 1,384 meter dan di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, telah terbangun 1.436

Pembangunan tanggul di Muara Baru dan Kalibaru telah dimulai sejak November 2015. BBWSCC menargetkan pembangunan tanggul laut di kedua titik itu akan rampung pada Juni 2018.

Proses pemasangan tiang pancang masih berlangsung. Tanggul laut dirancang setinggi 4,5 meter. Dari segi konstruksi, digunakan spun pile beton berdiameter 1,2 meter dengan panjang 24 meter. 

"Kalau tidak ada hal-hal besar yang terjadi di luar rencana konstruksi kita, ini bisa bertahan 50 sampai 100 tahun," kata Kepala BBWSCC Teuku Iskandar seperti dilansir Media Indonesia.



(SAW)