Inflasi 2016 Diprediksi Berada di Batas Bawah Target

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 22 Sep 2016 17:17 WIB
inflasi
Inflasi 2016 Diprediksi Berada di Batas Bawah Target
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memprediksi laju inflasi untuk tahun ini akan lebih rendah dari yang diperkirakan. Hingga akhir tahun inflasi ditaksir akan berada di kisaran batas bawah target inflasi sebesar empat plus minus satu persen.

"Inflasi diperkirakan akan mendekati batas bawah kisaran sasaran inflasi 2016," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2016).

Dirinya menambahkan, tekanan harga mereda pasca Idul Fitri dan mencatat deflasi sebesar 0,02 persen month to month (mtm) di Agustus 2016. Deflasi tersebut lebih rendah dari perkembangan harga pada periode pasca Idul Fitri dalam lima tahun terakhir, yang biasanya masih mencatat inflasi.

Dengan perkembangan tersebut, inflasi secara year to date (ytd) dan tahunan (yoy) masing-masing mencapai 1,74 persen (ytd) dan 2,79 persen (yoy). Deflasi IHK pada Agustus 2016 terutama bersumber dari deflasi komponen volatile foods dan komponen administered prices, seiring dengan koreksi harga pasca Idul Fitri.

Kelompok volatile foods mencatat deflasi sebesar 0,80 persen (mtm) atau secara tahunan mencatat inflasi sebesar 5,28 persen (yoy). Penurunan harga secara bulanan tersebut terutama bersumber dari koreksi harga beberapa komoditas bahan pangan.

"Kelompok administered prices mencatat deflasi sebesar 0,52 persen (mtm) atau 0,91 persen (yoy), didorong oleh koreksi pada tarif angkutan antar kota, angkutan udara, dan kereta api," jelas dia.

Sementara itu, inflasi inti tercatat cukup rendah, yaitu sebesar 0,36 persen (mtm) atau 3,32 persen (yoy), sejalan dengan masih terbatasnya permintaan domestik, terkendalinya ekspektasi inflasi dan relatif stabilnya nilai tukar rupiah.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA