Go-Jek Tawarkan jadi Agen Pajak untuk Para Merchant

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 08 Nov 2017 15:37 WIB
gojek
Go-Jek Tawarkan jadi Agen Pajak untuk Para <i>Merchant</i>
CEO Gojek Nadiem Makarim. Ant/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: CEO Go-Jek Nadiem Makariem telah bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pertemuan yang berlangsung kemarin, 7 November 2017, salah satunya membicarakan kemungkinan untuk menjadi agen pajak.

Sri Mulyani mengatakan dirinya mengundang Nadiem untuk membicarakan isu perpajakan, terutama proses registrasi nomor pokok wajib pajak (NPWP), cari lapor surat pemberitahuan (SPT) pajak tahunan dan mendapatkan e-filling. Nadiem minta agar persyaratannya dipermudah.

"Dan kami memang setuju pembuatan NPWP dan penyerahan SPT bisa dipermudah," kata Ani sapaan akrabnya di kantor pusat DJBC, Jakarta Timur, Rabu 8 November 2017.

Dalam pertemuan tersebut, Nadiem juga menawarkan kerja sama untuk mempermudah pembuatan NPWP, melaporan SPT, dan pembayaran pajak utamanya untuk merchant-merchant atau rekanan Gojek, seperti tempat makan yang terdapat di daftar G0-Food, atau market yang ada di daftar Go-Mart.

"Dari Nadiem dan timnya mereka punya cara untuk kelola 100 ribu merchant-nya itu, maka mereka bisa mudah memiliki NPWP dan bagaimana pembayaran pajak," ujar dia.

Namun demikian, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyerahkannya kepada tim teknis di Ditjen Pajak untuk melihat apakah kerja sama tersebut dalam bentuk sistem ke sistem yang terintegrasi atau lainnya.

"Saya enggak paham apakah datanya bisa langsung diimpor atau sistemnya bisa langsung dipakai," tutur dia.

Dirinya menambahkan, agar tarif pajak untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) diberikan kelonggaran, apalagi banyak merchant Go-Food yang tergolong dalam kategori tersebut. 


(SAW)