Mendag Jamin Iklim Investasi Tetap Kondusif di Tahun Politik

Nurohman    •    Sabtu, 03 Mar 2018 13:27 WIB
pertumbuhan ekonomipilegekonomi indonesiapilkada serentakpilpres 2019rapbn 2018
Mendag Jamin Iklim Investasi Tetap Kondusif di Tahun Politik
(Dari kanan) Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Departemen Perdagangan dan Perindustrian Filipina Ramon M Lopez, Menteri Perdagangan Kamboja Pan Sorasak, dan Ryan Huang dari Singapore Press Holding Radio (ASEAN-EU Business Summit 2018)

Singapura: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita optimistis penyelenggaraan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 tidak akan berpengaruh negatif pada iklim investasi di Indonesia. Di depan puluhan pelaku bisnis Eropa, Enggar meyakinkan bahwa iklim investasi tetap akan kondusif di tahun politik.

Enggar menjelaskan Indonesia telah melalui beberapa kali pesta demokrasi. Ia meyakini bahwa rakyat Indonesia sudah cukup cerdas untuk tidak larut dalam kompetisi politik.

"Kalau suhunya meningkat, iya. Tapi ini tidak perlu dikhawatirkan berlebihan sehingga mereka menunda investasi," ujarnya, dalam ASEAN-EU Business Summit 2018, di Singapura, Jumat, 2 Maret 2018.

Untuk menjaga iklim investasi, Enggar meminta para elit politik untuk tidak memanfaatkan momen pilkada dan pilpres untuk kepentingan perseorangan atau kelompok.

Tahun ini, sebanyak 171 daerah tingkat provinsi, kota, dan kabupaten sedang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah. Sejumlah pihak khawatir akan terjadi gesekan antarkelompok pendukung pasangan tertentu. Keadaan serupa juga dikhawatirkan terjadi pada tahapan Pemilu 2019 yang diikuti 14 partai politik.


(ABD)