Mentan Imbau Masyarakat Konsumsi Melon Lokal

Lina Herlina    •    Jumat, 09 Mar 2018 15:47 WIB
Listeria
Mentan Imbau Masyarakat Konsumsi Melon Lokal
Amran Sulaiman. Foto: Medcom.id/Anindya Legia

Makassar: Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengimbau masyarakat mengonsumsi melon lokal. Selain murah, melon lokal sehat dan tidak terinfeksi bakteri.
 
"Kita mulai mengimbau untuk mengkonsumsi melon atau produk lokal yang sehat, segar dan murah," kata Amran usai melepas ekspor komoditas jagung ke Filipina di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Jumat, 9 Maret 2018.
 
Amran mengungkapkan, produksi melon lokal sudah mampu memenuhi kebutuhan melon di Indonesia. Bahkan produksi melon mencapai 138 ribu ton pada 2015.

 

Baca: 4 Warga Australia Tewas Akibat Konsumsi Melon Terkontaminasi

Amran menegaskan, melon kuning atau rock melon banyak beredar dipasarkan di Indonesia. Tapi, pascameninggalnya empat orang warga Australia, karena terinfeksi bakteri Listeria monocytogenes, pemerintah Indonesia menghentikan impor buah asal Australian itu.
 
Amran mengatakan, dirinya telah mengeluarkan peraturan kementerian pertanian (Permentan) untuk menghentikan ekspor rock melon masuk ke Indonesia. "Rock melon tidak boleh masuk Indonesia kalau ada bakterinya. Titik! Kita tegas untuk hal itu," katanya.
 
Selain itu, Amran sudah menginstruksikan semua karantina pertanian melakukan pemeriksaan jika ada yang masih didistribusikan.




(FZN)