Teknologi Blockchain Dorong Efisiensi Perbankan

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 11 May 2018 23:02 WIB
Blockchain
Teknologi <i>Blockchain</i> Dorong Efisiensi Perbankan
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA)

Jakarta: PT Adamobile Solutions Networks menilai teknologi blockchain akan mendorong efisiensi bagi bank dalam menyediakan layanannya. Bahkan salah satu yang paling signifikan adalah adanya penghematan biaya yang diperkirakan bisa mencapai 40 persen.

"Kita belum hitung rinciannya, namun bank di luar negeri yang telah menerapkan menerima manfaat cost saving antara 20 persen 40 persen," kata Chief Executive Officer (CEO) Adamobile Adam Suherman ditemui usai kerja sama dengan BNI, di Jakarta Pusat, Jumat, 11 Mei 2018.

Sebagai salah satu perusahaan financial technology (fintech) dengan spesialisasi teknologi blockchain, Adamobile akan mendukung transparansi dalam bisnis perbankan. Hal ini juga akan mempermudah setiap transaksi, sekaligus memberikan keamanan dalam setiap transaksi nasabah.

Dalam berkembangan industri 4.0, pemanfaatan teknologi dan internet menjadi hal wajib dilakukan oleh perusahaan, tak terkecuali perbankan. Padahal di luar negeri, sudah banyak bank yang telah menerapkan teknologi blockchain sementara di Indonesia belum ada.

"Bukan hanya memanfaatkan teknologi internet untuk berbagi informasi tapi juga untuk berbagai manfaat dan blockchain teknologi terbaru. Bank luar negeri sudah banyak yang memanfaatkan blockchain, tetapi di Indonesia BNI menjadi bank pertama," jelas dia.

Sementara itu, General Manager (GM) Divisi Internasional Banking BNI Henry Panjaitan menyebut, penerapan blockchain untuk mendukung bisnis trade finance sangat tepat. Teknologi ini dapat menyederhanakan proses pengajuan sehingga menjadi lebih efisien bahkan tanpa kertas.

"Kita tidak harus verifikasi karena blockchain ini semua data masuk. Bayangkan saja bila eksportir bisa siapin dokumen tiga hingga empat hari, belum lagi di bank bisa satu hari dan untuk ini kita akan kajian blockchain yang bisa menyederhanakan waktu jadi hanya satu hari," kata dia.

 


(AHL)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

1 day Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA