Daniel Johan Minta Pemerintah Berpihak Kepada Petani Lokal

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 18 May 2017 15:01 WIB
berita dpr
Daniel Johan Minta Pemerintah Berpihak Kepada Petani Lokal
ilustrasi bawang putih (Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho (STR) )

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan meminta pemerintah untuk mendukung petani lokal. Jangan sampai kebijakan yang dibuat, seperti impor pangan, justru merugikan petani lokal.

Hal itu disampaikan Daniel menyikapi permintaan beberapa pedagang di daerah yang menginginkan pemerintah tak mengimpor bahan pangan. Seperti yang terjadi di Surabaya, beberapa waktu yang lalu, di mana harga bahan pangan lokal seperti bawang merah dan bawang putih lokal anjlok.

"Pemerintah harus mendukung pangan lokal, pangan nasional termasuk hilirnya. Jadi harus ada pembelaan, harus ada keberpihakan," kata Daniel, ditemui di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Kamis, 18 Mei 2017.

Politikus PKB itu mengatakan, keberpihakan tersebut harus didukung adanya keseimbangan harga di pasar. Keseimbangan harga itu baru bisa diwujudkan dengan perencanaan yang baik.

"Jangan seperti sekarang. Harusnya enggak butuh impor karena petani lagi produksi, pemerintah melakukan impor. Jadi anjlok lah harga. Sebaliknya waktu produksi ga bagus, tidak melakukan impor, yang dirugikan masyarakat kan harga jadi tinggi,"ucapnya.

Oleh karena itu, ia mendesak pemerintah membuat perencanaan produksi dan konsumsi pangan setiap tahun, sehingga kebijakan impor yang diterapkan pemerintah dapat disesuaikan dengan kondisi pasokan pangan di lapangan.

"Kalau perencanaan lebih baik, kondisi ini tidak harus terjadi. Kalau benar dilakukan saat bahan pangan berkurang, baru dilakukan kebijakan impor, menyeimbangkan harga, sehingga kebijakan yang diambil tidak merugikan," ucapnya.

Ketika ditanya kemampuan produksi pangan, khususnya bawang merah, Daniel mengatakan, petani lokal sanggup memenuhi kebutuhan nasional. Namun, untuk bawang putih dianggap belum bisa, karena faktor lingkungan.

"Kalau bawang putih mungkin kita harus impor karena alam kita tidak terlalu cocok untuk menanam bawang putih," kata Daniel.


(ROS)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA