Pemerintah Dorong Pengembangan Industri Mobil Listrik

Dheri Agriesta    •    Jumat, 11 Aug 2017 18:33 WIB
mobil listrikgiias 2017
Pemerintah Dorong Pengembangan Industri Mobil Listrik
Event GIIAS 2017. (FOTO: MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Tangerang: Pemerintah sadar kendaraan bermotor salah satu penyumbang polusi terbesar. Pemerintah pun mendorong perusahaan swasta menggarap kendaraan ramah lingkungan, seperti mobil listrik.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam peresmian Gaikindo International Indonesia Auto Show menyatakan minat pemerintah dalam menggarap mobil hibrida dan listrik. Kalla menegaskan, ada banyak konsep mobil listrik yang ada di Tanah Air.

"Banyak konsepnya, kan dari hybrid ke mobil full elektrik itu kan perkembangannya," kata Kalla di ICE, BSD, Tangerang, 11 Agustus 2017.

Pemerintah akan mempermudah izin pengembangan mobil listrik. Insentif lainnya juga disiapkan. Karena, tambah Kalla, mobil listrik bisa menekan penggunaan mobil dengan bahan bakar minyak (BBM).

"BBM itu kan masih disubsidi," kata Kalla.

Jika mobil listrik berhasil dikembangkan, subsidi BBM pun berkurang. Sehingga, pemerintah bisa menurunkan bea masuk beberapa komponen yang akan digunakan dalam pengembangan kendaraan listrik.

Pria asal Makassar itu menjelaskan, pemerintah belum berniat menggarap mobil listrik melalui perusahaan negara. Pemerintah akan menyerahkan pengembangan teknologi ini kepada pihak swasta.

Pemerintah tidak punya konsep itu. Karena ini teknologinya kan harus standar internasional," jelas Kalla.

 


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA