Menkeu Ajak PNS Berpartisipasi di Amnesti Pajak

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 14 Oct 2016 17:43 WIB
tax amnesty
Menkeu Ajak PNS Berpartisipasi di Amnesti Pajak
Menteri Keuangan Sri Mulyani (MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana mendata seluruh jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di Indonesia. Tujuannya agar didapat data PNS yang telah membayar pajak dan belum melaporkan SPT secara benar.

Dalam hal ini, Menteri Keuangan (Menkue) Sri Mulyani Indrawati juga mengajak para PNS untuk berpartisipasi dalam program pengampunan pajak atau amnesti pajak. Dengan jumlah PNS yang banyak, Sri Mulyani yakin akan ada tambahan bagi database perpajakan.

"PNS golongan tiga ke atas saya minta diinventarisir untuk di seluruh Indonesia. PNS, pejabat struktural, kami akan inventarisir untuk dapatkan data, untuk di-match-kan‎," kata Sri Mulyani, di Kemenkeu, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2016).

Baca: Uang Tebusan Tertinggi di Amnesti Pajak Capai Rp1,81 Triliun

Selain PNS, Sri Mulyani juga akan mengajak profesi lain untuk ikut amnesti pajak yang dilaksanakan pemerintah. Mulai dari dosen profesor, notaris, dokter, hingga artis yang memiliki pendapatan luar biasa.


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ( MI Bary Fatahilah)

Dirinya menambahkan, banyaknya individu yang ikut amnesti pajak akan mendorong kesuksesan program amensti pajak di periode II dan III. Hal ini terlepas dari harta yang dilaporkan dan uang tebusan yang bakal diterima oleh pemerintah.

Baca: Sosialisasi Minim, UMKM Takut Ikut Amnesti Pajak
 

‎"Kita harap jumlah individu banyak ikut amnesti pajak. Kalau kemarin konsen di September, ada yang ikut tebusan hanya Rp500 perak. Tapi ini simbol kepatuhan yang luar biasa penting. Saya ingin katakan potensi akan sangat banyak," pungkas dia.

 


(ABD)