Dukung UMKM, Sinar Mas Land Gelar Sekolah Pasar Rakyat

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 11 Mar 2017 17:11 WIB
sinar mas land
Dukung UMKM, Sinar Mas Land Gelar Sekolah Pasar Rakyat
Sinar Mas Land gelar pasar rakyat school. (FOTO: dokumentasi Sinar Mas Land)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Sinar Mas Land menggelar Pasar Rakyat School di Pasar Modern BSD City. Program ini merupakan usaha perseroan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM).

Mengutip siaran persnya, Sabtu 11 Maret 2017, tema atau topik yang disajikan kepada para pedagang Pasar Modern BSD City, berbeda setiap sesinya. Kali ini, management Pasar Modern BSD City bekerja sama dengan Universitas Prasetiya Mulya memberikan pengetahuan kepada para pedagang pasar mengenai "Tata Cara Cashflow Sederhana dalam Mengelola Keuangan Berdagang".

Adapun tema tersebut dipilih agar para pedagang dapat mengelola keuangan hasil usahanya secara profesional sesuai dengan prinsip manajemen modern.

Sinar Mas Land sebagai pengelola Pasar Modern BSD City, memberikan pembekalan pengetahuan kepada para pedagang sekali setiap bulannya dengan berbagai topik diantaranya seputar pengembangan usaha kecil dan pengenalan bahan berbahaya yang terdapat di bahan pangan.

Beberapa waktu lalu, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan Serang, Banten atau BPOM memberikan edukasi dengan materi pengenalan zat-zat berbahaya di dalam makanan ke para pedagang di Pasar Modern BSD City.

Manajemen perseroan berharap setelah mendapatkan pengetahuan tersebut, para pedagang lebih memperhatikan bahan makanan dan minuman yang dijualnya.

Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada 2004 di atas lahan seluas 3,2 hektare (ha). Hal ini dilakukan demi mengangkat status pasar tradisional yang citranya kumuh menjadi pasar tradisional ,odern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City.

"Sehingga dapat mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya UMKM. Pasar Modern BSD City tahap pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta," demikian seperti diungkap siaran pers tersebut.

Sejak diluncurkan hingga saat ini, pasar modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa. Selain itu Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan bekerja sama dengan pengembang Sinar Mas Land sebagai pengelola pasar modern di Bumi Serpong Damai (BSD), Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Kerja sama tersebut meliputi bantuan design engineering detail (DED) untuk beberapa tipe pasar tradisional. Pemerintah menjadikan pasar modern BSD City sebagai benchmark untuk pengelolaan pasar tradisional namun memiliki standar modern.


(AHL)