Sri Mulyani: Tak Mudah Jadi Menkeu

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 05 Dec 2018 13:28 WIB
sri mulyanirehat
Sri Mulyani: Tak Mudah Jadi Menkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: AFP)

Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku tidak mudah menduduki posisi sebagai bendahara negara seperti sekarang ini. Apalagi menyampaikan tugas dan kewenangan Kementerian Keuangan kepada masyarakat juga bukan hal yang mudah.

"Pertama menjelaskan dan meletakkan bahwa keuangan negara adalah concern kita semua, itu bisnisnya seluruh rakyat Indonesia. Bagaimana uang diperoleh, dialokasikan," kata dia dalam sebuah diskusi di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Desember 2018.

Menurut dia, masyarakat juga harus paham mengapa negara memungut pajak sebagaimana ketentuan dalam Undang-Undang. Sri Mulyani menjelaskan kewajiban membayar pajak merupakan salah satu cara rakyat Indonesia memelihara republik ini.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan tugas yang dipikulnya tidaklah mudah. Dirinya pernah membuat simulasi apa saja tugas dan kewajiban sebagai menteri keuangan dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kalau kalian menjadi menkeu, kita bikinkan APBN, berapa pajak dan berapa Anda akan belanja, kalau Anda punya Rp2.000 triliun. Kemudian mereka ketawa sendiri, ternyata saya harus ini dan tidak bisa melakukan itu," jelas dia.

Oleh karena itu, di era digital ini Sri Mulyani menginginkan komunikasi dengan masyarakat juga lebih mudah, tidak hanya mudah didapatkan tetapi juga mudah dipahami. Bahkan dirinya menggunakan artis Reza Rahardian hingga Maudy Ayunda sebagai influencer.

"Dalam bahasa biasa, masyarakat akan merasa ini tidak terlalu sulit dipahami, saya tulis teknikal, ini terlalu sulit. Masyarakat kita macam-macam, ada yang mengambil hal-hal tertentu. Kita juga harus sadar sebagai pembuat kebijakan, setiap kebijakan ada pilihan-pilihan yang tidak mudah," pungkasnya.

 


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

16 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA