Menko PMK Dorong Peran Perempuan pada Era Ekonomi Digital

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 08 Nov 2018 16:49 WIB
berita kemenko pmk
Menko PMK Dorong Peran Perempuan pada Era Ekonomi Digital
Menko PMK Puan Maharani (Foto:Dok.Kemenko PMK)

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Indonesia menjadi kawasan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan peran serta kaum perempuan.

Pada acara Indonesia Women Forum (IWF) 2018, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyebutkan, dibutuhkan berbagai upaya memperkuat keterlibatan kaum hawa pada ekonomi digital. 

"Di antaranya melalui edukasi dan sosialisasi, meningkatkan akses permodalan, pasar, penguasaan teknologi, serta Membangun jaringan kelembagaan ekonomi digital perempuan," kata Puan.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah mencipatakan ekosistem ekonomi digital. Salah satunya, deregulasi kemudahan berusaha.

Melalui upaya tersebut, peringkat kemudahan berusaha Indonesia terus meningkat dalam dua tahun terakhir. Menurut laporan Bank Dunia, Indonesia berada di posisi 91, atau naik 15 peringkat dari sebelumnya yaitu 109. Pemerintah juga menyediakan akses permodalan melalui kredit usaha rakyat (KUR). Total KUR yang disiapkan mencapai Rp120 triliun. 

Namun, upaya di atas dinilai belum cukup. Puan menyebutkan, demi mewujudkan negara ekonomi digital yang kuat, dibutuhkan pelaku-pelaku usaha yang tangguh dan kreatif. 

“Acara Indonesia Womens Forum 2018 ini merupakan salah satu upaya penting dalam membangun pelaku usaha yang kuat dan kreatif, khususnya kaum perempuan," kata Menko PMK.

Forum IWF 2018 diharapkan menghasilkan rumusan untuk memperkuat peran perempuam pada ekonomi digital. Dia meyakini, perempuan Indonesia berperan besar dalam perekonomian digital.

"Peran perempuan yang kuat dalam bidang ekonomi dinilai akan mempercepat terwujudnya Indonesia yang sejahtera dan mandiri," ujar dia.

Pembukaan Indonesia Women’s Forum ditandai dengan penekanan sirine oleh Menko PMK didampingi oleh Svida Alisjahbana dan Veronica Utami. Pada kesempatan ini pula Menko PMK menerima Token Of Appreciation dalam bentuk tanaman sebagai simbol sustainability dan nature yang menggambarkan bisnis yang berkelanjutan.

Turut hadir CEO Femina Svida Alisjahbana, Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, Pemimpin Redaksi Femina Petty S Fatima, serta perempuan wirausaha Indonesia.


(ROS)


Merpati dalam Cangkang

Merpati dalam Cangkang

22 hours Ago

NASIB maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines (persero) bak burung dalam sangkar.

BERITA LAINNYA