Menutupi Modal Nikah Pakai KTA?

   •    Kamis, 08 Nov 2018 20:25 WIB
tips keuangan
Menutupi Modal Nikah Pakai KTA?
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)

PINJAMAN Kredit Tanpa Agunan (KTA) memang termasuk pinjaman yang fleksibel. Sebab, nasabah yang mengajukan pinjaman, memiliki hak untuk mengalokasikan dana pinjaman untuk kebutuhan apapun, tanpa dibatasi oleh bank.

Banyak hal yang bisa dibiayai dengan menggunakan pinjaman KTA, termasuk juga apabila Anda kekurangan modal pernikahan. KTA bisa dinilai sebagai jalan keluar karena dana bisa diperoleh dengan cepat, mudah, dan praktis. Bahkan Anda tidak perlu agunan untuk bisa mengajukan pinjaman KTA. Selain itu, bagi pasangan yang telah memiliki pekerjaan dan memiliki gaji, maka pengajuan KTA akan mudah disetujui oleh bank.

Apalagi saat ini sudah banyak tersedia aplikasi pinjaman online KTA yang terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang semakin mempermudah proses pengajuan KTA Anda.

Manager Business Cermati.com Kennadi mengimbau sebelum mengajukan pinjaman, harus dipahami betul mengenai risiko yang bisa terjadi, seperti bunga KTA yang flat. Di mana perhitungan bunga KTA ini selalu dihitung berdasarkan besarnya nominal utang pokok dan besarnya selalu sama sampai akhir batas pinjaman.

Jika Anda termasuk yang terbiasa dengan metode pengenaan bunga, maka Anda sangat dianjurkan untuk membayar cicilan pinjaman dalam waktu yang singkat. Semakin lama tenor waktu pinjaman, maka semakin besar pula akumulasi bunga yang harus Anda bayar.

Hal ini karena sistem bunga flat yang membuat utang harus dibayar lebih besar dua kali lipat jumlah pinjaman awal. Ide membayar utang KTA dengan menggunakan hadiah uang yang diperoleh dari pernikahan, mungkin pernah ada di benak Anda.

Tidak salah, namun perlu diingat bahwa pinjaman KTA tidak bisa dilunasi lebih awal, sebab bank akan menganggap hal tersebut sebagai denda yang harus dibayarkan karena telah keluar dari perjanjian.

Jadi sebelum Anda mengajukan pinjaman KTA, ketahui dulu keuntungan dan kerugian dari KTA. Namun, jika KTA merupakan jalan satu-satunya yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi biaya pernikahan, maka cek dulu lima poin berikut ini:

Cek atau Survey Produk KTA
Ini merupakan tahap yang harus dilakukan. Meskipun biasanya tingkat bunga yang dikenakan oleh pihak bank tidak berbeda jauh. Bank umumnya menawarkan tingkat bunga yang mirip, namun mereka akan memberikan nilai tambah pada produknya. Namun sebagai calon nasabah, carilah produk pinjaman dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah di antara yang lain.

Ajukan Pinjaman dengan Jumlah Sekecil Mungkin
Kekurangan biaya pernikahan mungkin saja bisa diatasi dengan pinjaman KTA.  Namun, apabila hal ini dilakukan maka akan lebih baik apabila Anda mengajukan pinjaman dengan jumlah nominal yang kecil. Dengan nominal yang kecil maka cicilan per bulan juga tidak akan membebani pendapatan Anda.

Jangka Waktu yang Pendek
Bila Anda mengajukan pinjaman KTA, maka pilihlah pinjaman dengan jangka waktu yang pendek, sebab semakin panjang jangka waktu pinjaman maka semakin besar pula bunga yang harus Anda tanggung. Sebaiknya pilihlh jangka waktu pinjaman KTA yang pendek agar biaya cicilan tidak membebani Anda.

Jangan Tutupi Pinjaman KTA dengan Kartu Kredit
Menutupi pinjaman dengan kartu kredit tidak akan menyelesaikan masalah.  Bahkan hal tersebut hanya akan mengganggu sektor lainnya. Ketika Anda berutang di satu tempat saja, maka akan lebih mudah untuk Anda mengelolanya.

Menjaga Reputasi
Membayar utang tepat waktu akan membuat bank menghargai dan menghormati Anda sebagai nasabah yang baik. Tentunya hal ini akan memberikan Anda kemudahan saat akan mengajukan pinjaman di masa depan. Reputasi yang baik akan menjadi rekomendasi bagi pihak bank untuk Anda agar mendapatkan produk bank lainnya.

Sebaliknya, jangan sampai terlambat. Sebab jika terlambat, maka Anda akan masuk ke dalam daftar hitam pelanggan. Setelah itu, akan sulit untuk kembali memperbaiki reputasi Anda lagi. Sudah cukup mudah bukan pemahaman mengenai KTA. Setelah Anda memahami betul produk KTA yang ada di setiap bank, diharapkan Anda bisa menentukan pilihan yang paling baik untuk di mana mengajukan permohonan KTA.

Perhatikanlah beberapa poin penting di atas, kemudian pilihlah pinjaman dengan nilai yang kecil untuk menutupi modal Anda. Pilihlah juga tenor pinjaman yang singkat agar tidak membebani Anda karena biaya bunga pinjamannya. Jangan pernah membayar cicilan pinjaman Anda dengan menggunakan kartu kredit. Sebab itu sama saja, dan usahakanlah untuk membayar cicilan pinjaman dan bunga pada waktunya.

Jika Anda membayar tepat waktu, maka pihak bank juga akan memberikan penilaian yang baik bagi Anda karena dinilai sebagai nasabah yang dapat diandalkan dan dipercaya dalam hal pinjaman uang. Selain itu, jika di masa mendatang Anda membutuhkan pinjaman, Anda juga akan mendapat kemudahan.

Meskipun begitu, pinjaman KTA sebagai biaya nikah bukanlah sesuatu yang dianjurkan. Karena, tentu lebih baik Anda menabung sedari sekarang.


(AHL)


Merpati dalam Cangkang

Merpati dalam Cangkang

22 hours Ago

NASIB maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines (persero) bak burung dalam sangkar.

BERITA LAINNYA