Menhub bakal Temui Boeing Bahas Investigasi Pesawat 737 Max-8

Husen Miftahudin    •    Kamis, 01 Nov 2018 18:18 WIB
boeingLion Air Jatuh
Menhub bakal Temui Boeing Bahas Investigasi Pesawat 737 Max-8
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku akan segera menemui pihak Boeing untuk mendiskusikan dan membahas investigasi pesawat jenis Boeing 737 Max-8. Pertemuan Budi dengan pihak Boeing direncanakan pada satu hingga dua hari ke depan.

"Kita akan diskusi dengan Boeing. Dalam satu dua hari ini, Boeing akan datang ke sini," ujar Budi di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis, 1 November 2018.

Di Indonesia, pesawat jenis Boeing 737 Max 8 digunakan oleh Lion Air dan Garuda Indonesia. Lion Air mengoperasikan 10 jenis pesawat tersebut, sedangkan Garuda Indonesia hanya memiliki satu pesawat dengan jenis yang sama.

Pascainsiden jatuhnya pesawat Lion Air, Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kemenhub langsung menginspeksi 11 pesawat jenis Boeing 737 Max 8. Pemeriksaan untuk mengetahui masalah sekaligus memecahkan masalah (troubleshoot) pada pesawat jenis tersebut.

"Pemeriksaan terkait masalah dan troubleshoot, pemeriksaan khusus sudah sejak Senin. Berdasarkan hasil pemeriksaan 11 pesawat itu, komponen yang terpasang tidak ada yang melewati batas umur dan tidak ditemukan gangguan teknis," beber Budi.

Namun demikian, evaluasi terhadap 11 pesawat jenis Boeing 737 Max-8 itu akan diteruskan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Termasuk, kata Budi, menjadi topik yang akan dibahas dalam pertemuannya dengan pihak Boeing.

Menurut Budi, pemeriksaan terhadap pesawat jenis Boeing 737 Max-8 untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada pesawat yang digunakan Lion Air pascainsiden. Apabila ditemukan permasalahan yang terjadi pada komponen mengacu pada pabrik pesawat, maka Ditjen Perhubungan Udara bakal melakukan uji ulang terhadap operasional pesawat jenis tersebut.

"Itu menyangkut prosedur perawatan pesawat, prosedur operasional, kelengkapan peralatan, dan kualifikasi," pungkas Budi.

 


(AHL)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA