Jatimmart.com Permudah Produk UMKM di Lingkup Global

Amaluddin    •    Senin, 21 Mar 2016 20:50 WIB
jawa timur
 Jatimmart.com Permudah Produk UMKM di Lingkup Global
UMKM. ANT/Oky Lukmansyah.

Metrotvnews.com, Surabaya: Setelah meluncurkan Jatim Mart, Pemerintah Jatim juga akan meluncurkan jatimmart.com. Tujuannya, untuk memasarkan barang produk UMKM Jatim di pasaran ASEAN melalui online.

"Selain melakukan display di Singapore, kita juga akan melakukan perdagangan melalui sistem online," kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jatim, Hadi Praseto, Senin (21/3/2016).

Menurut Hadi, kepastian peluncuran jatimmart.com tidak terlepas dari inspiriasi dari alibaba.com yang sudah ada lebih dulu. Nantinya, kata dia, jatimmart.com akan di link kan ke alibaba.com untuk menaikkan branding produk UMKM.

Dengan begitu, produk-produk UMKM akan bersaing di pasar lokal, tapi juga bisa bersaing di setingkat ASEAN.

"Dengan begitu, produk UMKM Jatim tidak hanya bisa dipesan di Jatim Mart di Singapura, tapi bisa juga melalui online,” katanya.

Sayangnya, Hadi belum bisa memastikan kapan akan diluncurkannya Jatim Mart berbasis online itu. Menurut dia, jatimmart.com akan diluncurkan setelah Jatim Mart di Singapura.

"Semuanya harus dipersiapkan dengan baik, tentunya dengan model marketing terbaru seperti iklan di media sosial. Kita harus mencoba meraih pasar ASEAN, makanya UMKM harus siap dengan itu semua," kata dia.

Sementara itu, untuk peluncuran Jatim Mart di Singapura molor. Hal itu disebabkan administrasi dan dokumen tentang perdagangan luar negeri belum rampung.

Dokumen dan administrasi itu kini masih proses penyelesaian oleh South East Asia Business Centre (SBC). SBC adalah sebuah perusahaan Singapura yang memberikan jasa layanan terpadu kepada UKM di seluruh negara ASEAN, dan telah bekerja sama dengan Pemprov Jatim.

Nantinya, Jatim Mart akan berlokasi di lantai 7 Big Box Building, Jurong, Singapura. Tempat itu merupakan pusat perbelanjaan modern kelas dunia khusus untuk penjualan eceran ala gudang dan penjualan partai di Singapura.

Jatim Mart merupakan sebuah perwujudan dari konsep Jatimnomic sebuah layanan terpadu untuk meningkatkan ekspor barang dan jasa bagi perusahaan kecil dan menengah Jatim ke seluruh Negara ASEAN, Tiongkok hingga Eropa.


(SAW)