Pertumbuhan IKM Lebak Capai 16.000 Unit

   •    Senin, 07 Aug 2017 11:01 WIB
industri kecil menengah
Pertumbuhan IKM Lebak Capai 16.000 Unit
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Metrotvnews.com, Lebak: Pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mencapai 16.000 unit usaha dengan menyerap tenaga kerja sekitar 32.000 orang. Diharapkan kondisi ini bisa terus mengalami peningkatan di masa-masa yang akan datang.

"Meningkatnya pertumbuhan IKM itu memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat," kata Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Herisnen, seperti dikutip dari Antara, Senin 7 Agustus 2017.

Pemerintah daerah mendorong pelaku IKM berkembang melalui berbagai program pelatihan dan pembinaan agar volume usaha mereka mengalami kemajuan. Kehadiran pelaku IKM itu karena dapat menyumbangkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan mampu mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

Program pelatihan itu sesuai dengan kebijakan 'Lebak Sejahtera' yang digulirkan Bupati Iti Octavia dengan meningkatkan kompetensi ketrampilan juga diversifikasi produk, pengemasan, sertifikasi halal, pemasangan barcot dan perizinanan yang diterbitkan dari BPOM serta Dinas Kesehatan.

"Selain itu juga pembinaan kewirausahaan, seminar hingga studi banding ke luar daerah," tuturnya.

Kebijakan pemerintah daerah berkomitmen untuk meningkatkan sektor usaha ekonomi kreatif masyarakat melalui usaha home industri dan terbukti di 2016 jumlah pelaku IKM meningkat hingga mencapai 16.000 unit usaha dari tahun sebelumnya 15.372 unit.


(ABD)