Terus Pantau Komoditas Pangan Menjelang Ramadan, Satgas Jamin Harga Tidak Naik

Annisa ayu artanti    •    Minggu, 14 May 2017 10:48 WIB
sembako
Terus Pantau Komoditas Pangan Menjelang Ramadan, Satgas Jamin Harga Tidak Naik
Sembako (ANT/Aditya Pradana Putra).

Metrotvnews.com, Jakarta: Momen Ramadan sering kali dilakukan para pelaku kartel untuk membuat harga bahan pokok pangan naik. Oleh karena itu, Satuan Tugas (Satgas) terus melakukan pemantauan stok bahan pokok di gudang dan di pasar.

Wakil Ketuga Satgas Pangan Brigjen Agung Setya mengatakan memasuki bulan Ramadan stok beberapa komoditas pangan seperti gula, bawang, minyak tanah, dan beras dalam kondisi aman. Ia juga menjamin harga komoditas tersebut juga tidak mengalami peningkatan sampai hari raya Idul Fitri.

"Setiap hari kita pastikan di gudang untuk stok gula, bawang, minyak tanah, beras, sampai hari ini kita memantau aman," kata Agung dalam acara PrimeTime Metro TV, Minggu 14 Mei 2017.

Untuk menjaga harga tersebut, Agung menjelaskan, Satgas sudah menempatkan orang untuk menjaga dan memantau stok disetiap ujung rantai distribusi.

"Kita sudah di lapangan. Kita sudah berada di ujung rantai distribusi. Kita sudah berada di ujung stok, gudang-gudang. Kita sudah berada di pasar. Sehingga kita bisa memastikan gejolak harga terpantau," jelas dia.

Menurutnya, dengan pengetahuan tersebut pemerintah melalui Satgas dapat memberikan intervensi ketika terjadi lonjakan harga sewaktu-waktu.

"Kita pastikan kepada mereka yang melakukan permainan harga, ini tidak punya ruang. Kami tau bagaimana cara menanganinya. Kami melihat dari data yang ada," pungkas dia.

Sekadar informasi, Sistem pemantauan pasar Kebutuhan pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, rata-rata harga beras nasional sebagai berikut:


sumber: kemendag
 


(SAW)