Koordinasi Pemerintah-BI Baik, Inflasi Juni Ditaksir 0,3%

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 13 Jun 2018 16:19 WIB
inflasibank indonesia
Koordinasi Pemerintah-BI Baik, Inflasi Juni Ditaksir 0,3%
inflasi (ANT/Aditya Pradana Putra).

Jakarta: Ekonom Bank Permata memperkirakan inflasi Juni sekitar 0,3 persen. Hal ini dinilai tak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan Bank Indonesia (BI) dalam mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok.

Josua mengatakan dari pantauan di minggu pertama Juni, harga barang pokok masih relatif stabil. Ia bilang jika kecenderungan tersebut berlanjut hingga akhir tahun maka inflasi akan terkendali di level yang masih aman.

"Inflasi volatile food kita masih cenderung manageable lebaran tahun ini, pemantauan dari web harga di beberapa pasar tradisional masih cukup stabil," kata Josua pada Medcom.id, di Jakarta, Rabu, 13 Juni 2018.

Dirinya mengatakan adapun untuk pendorong inflasi bulan ini ialah terkait arus mudik yang mana terutama tarif transportasi udara mengalami kenaikan seiring dengan peningkatan permintaan di momen Lebaran. Meskipun lanjut Josua untuk inflasi inti saat ini masih terpantau flat atau bahkan cenderung agak rendah namun diharapkan inflasi masih dalam kisaran BI.

"Jadi tahun ini sekitar 0,3 persen (m-to-m) dan (y-oy) di bawah tiga persen dengann pengendalian inflasi yang cukup manageable yang dilakukan BI dan pemerintah," jelas dia.


(SAW)