OJK: Pelonggaran LTV jadi Daya Dorong Pertumbuhan Kredit

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 22 Jun 2018 15:08 WIB
ojkkreditaturan ltv
OJK: Pelonggaran LTV jadi Daya Dorong Pertumbuhan Kredit
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut baik rencana relaksasi kebijakan makroprudensial melalui aturan rasio kredit terhadap nilai agunan atau loan to value (LTV) untuk kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB) yang akan dilakukan oleh Bank Indonesia (BI).

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan kebijakan tersebut menjadi bantalan bagi pertumbuhan kredit dari pengaruh kenaikan suku bunga acuan.

"Justru kalau ada penurunan LTV itu daya dorong supaya kredit tumbuh tinggi, jadi untuk menetralisir kenaikan suku bunga," kata Wimboh di Komples Perkantoran BI, Jakarta Pusat, Jumat, 21 Juni 2018.

Ditemui di tempat yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan dalam merespons perkembangan ekonomi saat ini, BI melakukan langkah pre-emptive di mana salah satunya bakal merelaksasi kebijakan makroprudensial untuk mendorong pertumbuhan di sektor perumahan. Hal ini dinilai akan bisa memberikan stimulus untuk pertumbuhan ekonomi nasional.

Perry mengatakan data BI mencatat sektor perumahan akan meningkat. Dia bilang permintaan terhadap apartemen maupun rumah tapak untuk kalangan muda di usia 36-45 tahun masih cukup tinggi. Oleh karenanya jadi alasan BI untuk merelaksasi.

"Di samping itu juga akan mendorong tipe kedua investment buyer yang memang mempunyai tabungan selama ini disimpan di perbankan dan tempat lain. Dengan adanya relaksasi maka memungkinkan berinvestasi di sektor perumahan," jelas dia.

 


(AHL)


Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

7 hours Ago

PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang sejak 1 Februari 2014 berhenti beroperasi akibat k…

BERITA LAINNYA