Mogok Kerja Karyawan Garuda Indonesia Usai Mudik Lebaran

   •    Selasa, 05 Jun 2018 10:50 WIB
garuda indonesia
Mogok Kerja Karyawan Garuda Indonesia Usai Mudik Lebaran
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta: Serikat Pekerja Garuda Indonesia (Sekarga) dan Asosiasi Pilot Garuda (APG) mengancam akan mogok kerja. Tudingan mis-management di tubuh perusahaan yang berujung keluhan konsumen atas pelayanan menjadi latar belakang aksi.

Meski ancaman mogok kerja terus diserukan, Ketua Harian Sekarga Tommy Tampaty memastikan aksi mogok kerja tidak akan dilakukan selama musim mudik dan arus balik Lebaran 2018.

"Kami tidak pernah menyatakan mogok itu saat arus mudik Lebaran," ujarnya, dalam Metro Pagi Primetime, Selasa, 5 Juni 2018.

Tommy mengatakan dalam keterangan yang disampaikan pada 2 Mei lalu pihaknya memberikan waktu selama 30 hari kerja kepada pemerintah untuk menjawab tuntutan Sekarga.

Jika dihitung, jatuh tempo dari permintaan penanganan itu pada 19 Juni 2018. Dia memastikan setelah 30 hari kerja Sekarga dan Asosiasi Pilot Garuda Indonesia tidak akan langsung mogok pada hari itu juga.

"Di tanggal itu kami akan menyampaikan ke publik bahwa kami akan mogok kapan dan berapa lama," katanya.

Dia menambahkan aksi mogok kerja akan dilakukan selepas musim mudik dan arus balik Lebaran 2018 selesai. Pihaknya tetap akan memprioritaskan pelayanan konsumen pada waktu tersebut.

"Kami mendukung penuh kelancaran operasional arus mudik karena kami memahami kepentingan konsumen. Itu yang kita kedepankan," jelas dia.

Sementara itu Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi berharap mogok kerja Sekarga dan APG tidak dilakukan. Sebab akan merugikan konsumen sebagai pengguna akhir Garuda Indonesia. 

"Perhatian YLKI adalah kepentingan konsumen, harus dijaga. Silakan aksi tapi pastikan agar tidak melanggar hak-hak konsumen," katanya.




(MEL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA