Menkeu Berencana Rekrut 4.000 PNS Baru di 2018

Desi Angriani    •    Kamis, 15 Jun 2017 07:16 WIB
pnskementerian keuangan
Menkeu Berencana Rekrut 4.000 PNS Baru di 2018
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 4.000 karyawan atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru akan mengisi kekosongan kursi di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di 2018. Dari jumlah tersebut, lebih dari separuhnya akan dialokasikan ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kemenkeu.

"Kami akan merekrut sumber daya atau staf baru sebanyak 4 ribu orang dan sudah mendapatkan persetujuan dari Menteri PAN RB," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, di Komisi XI DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 13 Juni 2017.

Ani, biasa ia disapa, menuturkan, penambahan karyawan baru membuat Kemenkeu menaikkan jumlah pagu anggaran 2018 menjadi Rp45,72 triliun. Dari jumlah tersebut, pagu indikatif anggaran di unit Sekretaris Jenderal Kemenkeu mencapai Rp20,87 triliun.

Pagu indikatif ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan unit Eselon I Kemenkeu lain, termasuk Ditjen Pajak karena Sekjen bertanggung jawab dalam anggaran kepegawaian. "Unit incharge adalah Sekjen. Itu kenapa kenaikan besar ada di situ," tutur dia.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto mengungkapkan bahwa alasan penambahan karyawan adalah untuk meningkatkan tata kelola dan pemasukan penerimaan pajak. Pasalnya, banyak pegawai yang setiap tahun pensiun ditambah ritme kerja di Ditjen Pajak yang semakin berat.

"Setiap tahun juga ada pegawai yang pensiun. Jadi pegawai baru ini untuk menambah kekurangan pegawai karena ada beban kerja yang luar biasa. Tambahan pegawai ini efektif di 2018,"  ujarnya.

 


(ABD)