Kadin Berharap Ada Sinergi dengan Pemerintah

   •    Jumat, 14 Jul 2017 13:33 WIB
kadin
Kadin Berharap Ada Sinergi dengan Pemerintah
Ilustrasi. (FOTO: MTVN/Ardi Yudanto)

Metrotvnews.com, Semarang: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah berharap ada sinergi antara pengusaha dengan pemerintah kabupaten/kota.

"Dalam hal ini kami mengimbau Kadin di level kabupaten/kota bisa mencontoh Kadin Surakarta," kata Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Kawasan KadinJawa Tengah Didik Sukmono di Semarang, seperti dikutip dari Antara, Jumat 14 Juli 2017.

Ia mengatakan sejauh ini Kadin Surakarta bersama dengan Pemkot Surakarta berupaya menjalin koordinasi yang baik, dengan tujuan untuk memajukan ekonomi daerah. Didik tidak memungkiri dalam hal memajukan perekonomian, pengusaha sangat membutuhkan pemerintah daerah.

"Yang diperlukan oleh pelaku bisnis adalah pemerintah mau mendengarkan untuk selanjutnya mengevaluasi kebijakan yang sifatnya kontraproduktif terhadap pembangunan daerah," jelas dia.

Ia mengatakan, selama ini yang terjadi di Surakarta, respon pemerintah terhadap keluhan yang diajukan oleh pelaku bisnis tersebut sangat cepat.

"Sebagai contoh adalah mengenai izin mendirikan bangunan. Ketika muncul keluhan dari pelaku bisnis, Pemkot Surakarta langsung mengajak pengurus Kadin untuk duduk bersama dan membicarakan permasalahan ini. Dengan begitu bisa diperoleh kesepakatan," ujar dia.

Ia mengatakan permasalahan IMB tidak hanya terjadi di Surakarta tetapi di hampir seluruh daerah baik kota maupun kabupaten di Jawa Tengah.

"Oleh karena itu, kami tidak hanya mengimbau Kadin di kabupaten/kota lain bisa mencontoh Kadin Surakarta, tetapi kami juga berharap pemkot/pemkab lain juga dapat mengikuti apa yang dilakukan oleh Pemkot Surakarta dalam memberikan pelayanan kepada pelaku bisnis," pungkasnya.


(AHL)