Bank Sinarmas Perluas Akses Kredit UMKM Melalui Kios Bank

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 21 Jul 2017 11:17 WIB
bank sinarmas
Bank Sinarmas Perluas Akses Kredit UMKM Melalui Kios Bank
Bank Sinarmas Perluas Akses Kredit UMKM Melalui Kios Bank. (Foto: dokumentasi Bank Sinarmas)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM) menggandeng PT Dwimitra Raya Sejati (DRS) sebagai referal kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Kios Bank. Dengan kerja sama ini, masyarakat dapat dengan mudah mengajukan kredit UMKM ke Bank Sinarmas melalui loket-loket Kios Bank yang tersebar hingga ke kawasan-kawasan pelosok di seluruh Indonesia.

Direktur Retail Banking BSIM Soejanto Soetjijo mengatakan, di masa sekarang ini akses ke lembaga perbankan sudah semestinya menjadi semakin mudah. Demi mendukung inklusi finansial dan memudahkan nasabah memperoleh layanan keuangan.

"Kami menargetkan pencapaian kredit UMKM tahun ini akan mencapai minimal 15 persen dari total pemberian kredit. Melalui Kios Bank, Perseroan akan menjangkau lebih banyak lagi nasabah potensial. Kami optimistis, target penyaluran kredit UMKM tahun ini akan tercapai," ujar dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat 21 Juli 2017.

Perseroan menggolongkan kredit UMKM sebagai fasilitas pinjaman dengan plafon mulai dari Rp51 juta sampai dengan Rp2 miliar. Hingga Juli 2017, BSIM telah menyalurkan pembiayaan UMKM sebesar Rp1,3 triliun atau 71 persen dari total target 2017 yang senilai Rp1,8 triliun. Jumlah ini lebih tinggi 16,7 persen dari penyaluran kredit UMKM di 2016 yang mencapai Rp1,5 triliun.

Sebagai lembaga keuangan, BSIM terus menargetkan peningkatan penyaluran pembiayaan, baik melalui kredit ritel, kredit UMKM, kredit usaha rakyat maupun kredit korporasi. Pada 2016, total kredit yang disalurkan BSIM Rp19,1 triliun, meningkat 10,29 persen dibandingkan jumlah kredit di 2015 yang sebesar Rp17,3 triliun. Sedangkan rasio Loan to Deposit Ratio (LDR) perseroan mencapai 96,6 persen sepanjang tahun lalu.

Kios Bank, selain memberikan layanan kredit UMKM, juga menyediakan Payment Point Online Bank (PPOB) yang difungsikan untuk membeli dan membayar berbagai macam tagihan online seperti tagihan listrik, tagihan PDAM, tagihan telepon, pembelian pulsa, tagihan TV kabel, cicilan multifinance, pembayaran premi asuransi, pembayaran iuran BPJS, dan lain sebagainya.

Saat ini, Kios Bank telah melayani lebih dari 200 biller. Sedangkan DRS merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan PPOB terbesar, termasuk juga penyedia jasa layanan E-payment/Loket Pembayaran Online dan mobile solution. Perusahaan ini telah menangani PPOB di Indonesia sejak 2014 dan bekerja sama resmi dengan bank.

"Dengan meningkatkan penyaluran kredit UMKM dan mempermudah nasabah menjangkau lembaga perbankan, BSIM berkomitmen memperkuat fungsi bank sebagai lembaga mediasi dan mendukung pemerintah memperluas inklusi keuangan," pungkas dia.


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA