Pengurus Koperasi Harus Aktif di Medsos

   •    Minggu, 06 Aug 2017 13:03 WIB
koperasi
Pengurus Koperasi Harus Aktif di Medsos
Internet (MI/ROMMY PUJIANTO).

Metrotvnews.com, Tangerang: Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mendorong pengurus koperasi menggunakan media sosial untuk melakukan pengembangan usaha.

"Manfaatkan kemajuan teknologi untuk kemajuan koperasi. Tantangan yang ada bisa menjadi sebuah peluang jika kita mampu mengelolanya dengan baik sehingga koperasi serta para anggotanya akan makin maju, sejahtera dan berkembang dengan pesat," katanya dikutip dari Antara, Minggu 6 Agustus 2017.

Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya menumbuh kembangkan kegiatan ekonomi menjadi tangguh, mandiri, inovatif, serta memiliki daya saing yang tinggi dan kuat dalam menghadapi segala terpaan krisis.

Menurut dia, membangun jaringan kemitraan dan penguatan koperasi sebagaisalah satu gerakan ekonomi rakyat yang dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong.

Kota Tangerang sebagai kota seribu industri dan sejuta jasa, tentunya menyimpan berbagai potensi yang dapat dioptimalkan menjadi beragam peluang. Seperti dengan memaksimalkan keberadaan koperasi, yang menurut Dinas Koperasi dan UKM, koperasi aktif yang ada di Kota Tangerang tercatat sebanyak 655 koperasi.

Ia menegaskan bahwa koperasi harus lebih giat lagi berinovasi bukan sebatas simpan pinjam saja. Setiap koperasi juga harus terus berkreasi karena saat ini eranya persaingan.

Ditegaskan pula bahwa unit-unit koperasi yang ada harus terus dikembangkan. Selain itu, mampu mengolah segmen pasar yang sangat besar di Kota Tangerang dengan menata kembali koperasi sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Misalnya, koperasi dikembangkan pada industri perdagangan berbasis online.

Hal itu tentunya melihat pada makin berkembangnya dunia teknologi informasi dan komunikasi. Sosial media menjadi salah satu bagian di dalamnya.

"Jika dimanfaatkan dengan baik, akan dapat memberikan kemudahan, bahkan keuntungan bagi penggunanya," pungkas dia.

Mengingat kekuatan sosial media sangat luar biasa, Arief menyarankan kepada seluruh pengurus koperasi untuk turut menggunakan media sosial. Ia menyebutkan sejumlah medsos, seperti Facebook, Instagram, dan Iwitter. Media sosial ini sebagai sarana untuk turut memajukan dan mengembangkan unit-unit usaha yang ada di koperasi.


(SAW)