Kemenhub Segera Bangun Tol Laut di Perairan Selatan Indonesia

   •    Minggu, 06 Aug 2017 18:02 WIB
tol laut
Kemenhub Segera Bangun Tol Laut di Perairan Selatan Indonesia
illustrasi Tol Laut (ANT/NOVI ABDI).

Metrotvnews.com, Cilacap: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menjajaki tol laut di perairan selatan Indonesia. Bahkan, saat sekarang sudah ada 11 kabupaten di wilayah selatan Jawa mulai dari Jabar, Jateng, dan Jatim yang menggagas konektivitas untuk pengangkutan logistik.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa Cilacap memiliki pelabuhan yang cukup besar yakni Pelabuhan Tanjung Intan. Namun demikian, aktivitas pelabuhan masih didominasi pengangkutan minyak dan batu bara.

baca : Ini Sebenarnya Konsep Tol Laut Presiden Jokowi

"Oleh karena itu ke depan, Kemenhub menggagas untuk melakukan pengangkutan logistik. Sebab, lalu lintas logistik dengan kereta api atau angkutan darat lainnya relatif terbatas. Sehingga tol laut di perairan selatan Jawa menjadi alternatif utama nantinya. Sebagai awal, tahun depan akan mulai diadakan angkutan perintis," kata Menhub di sela-sela kunjungan di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, dikutip dari Antara, Minggu 6 Agustus 2017.

Dikatakan oleh Menhub, dengan adanya tol laut di selatan Indonesia maka sejumlah daerah disekitarnya bakal langsung terkoneksi.

"Untuk pembangunan sejumlah pelabahan di selatan Jawa baru akan dilangsungkan pada akhir 2018. Konsepnya harus dimatangkan terlebih dahulu dan perlu dipikirkan jauh ke depan. Sehingga nantinya akan ada kemandirian di selatan Jawa," ujarnya.

Menhub mengungkapkan kalau sudah ada sejumlah pemerintah daerah yang tersebar di Jabar, Jateng dan Jatim yang telah melakukan penjajakan terkait dengan pengembangan pelabuhan.

"Nantinya, bakal dilakukan kajian, titik-titik mana saja yang dapat dikembangkan menjadi pelabuhan, khususnya untuk mengangkut logistik," jelas Menhub.
 
Sementara Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengakui kalau pihaknya tengah menjalin kerja sama dengan 11 pemkab yang daerahnya di pesisir selatan Jawa atau pinggiran Samudra Hindia. Daerah ini mulai dari Sukabumi di wilayah barat hingga Banyuwangi di sebelah timur.

"Daerah-daerah ini nantinya akan mengadakan kerja sama untuk membangun koneksitas antardaerah khususnya dalam pengangkutan logistik," kata Tatto.

Setelah nantinya dimatangkan kajiannya, kata Bupati, pihaknya bakal bertemu dengan Menhub.

"Jadi setelah nantinya dimatangkan rencananya, kami segera menghadap Pak Menhub. Di sisi lain, Cilacap secara khusus akan dibangun menjadi kota industri dan perdagangan seperti Singapura," pungkas dia.



 


(SAW)