Sido Muncul Takkan Akuisisi Nyonya Meneer

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 09 Aug 2017 19:45 WIB
sido munculnyonya meneer
Sido Muncul Takkan Akuisisi Nyonya Meneer
Sido Muncul. (FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN).

Metrotvnews.com, Jakarta: ‎Pengadilan Negeri (PN) Semarang menyatakan kepailitan perusahaan jamu asal Semarang, PT Nyonya Meneer. Putusan itu keluar setelah Majelis Hakim mengabulkan permohonan kreditur untuk membatalkan perjanjian damai atas pelunasan utang perusahaan jamu legendaris tersebut.

Terkait status pailit Nyonya Meneer, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO)‎ mengaku, perusahaan tersebut tidak bisa diakuisisi. Bahkan, perseroan sendiri tidak akan mengakuisisi perusahaan jamu yang telah berdiri sejak 1978.

"Kaitannya Nyonya Meneer bangkrut dipailitkan dan diisukan kami akuisisi itu tidak benar. Karena tentu tidak bisa diakuisisi juga karena sudah dilakukan pernyataan pailit‎," kata Direktur Keuangan Sido Muncul Venancia Sri Indijati, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, ‎Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.

Produsen jamu Nyonya Meneer yang pailit, bilang dia, karena mereka masih mengembangkan produk jamu tradisional. Sementara, Sido Muncul sudah melakukan berbagai inovasi sehingga bisa bertahan hingga sekarang ini.

"So far kita masih jalan seperti biasanya. Produknya beda, mungkin Nyonya Meneer masih bergerak di jamu tradisional. Di Sido Muncul produk jamu tradisional sebagian kecil, yang lainnya sudah kita modernisasi. Kita lebih dahulu melakukan inovasi untuk bisa tumbuh," jelas dia.

Produk perseroan yang terkenal saat ini adalah jamu Tolak Angin. Pembuatan jamu tersebut sudah melalui proses inovasi dan modernisasi. ‎Pr‎oduk jamu tradisional yang dimiliki Sido Muncul masih sekitar 15 persen, sedangkan sisanya produk jamu yang telah dimodernisasi.

 


(SAW)