Menperin Yakin Daya Beli Masyarakat untuk Kendaraan Bermotor Masih Bertenaga

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 10 Aug 2017 12:46 WIB
giias 2017daya beli masyarakat
Menperin Yakin Daya Beli Masyarakat untuk Kendaraan Bermotor Masih Bertenaga
Menperin Airlangga Hartarto saat membuka pameran GIIAS 2017. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Tangerang: Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartato meyakini jika daya beli kendaraan bermotor masih menjanjikan. Hal ini sejalan dengan produksi industri otomotif yang masih menggeliat pada paruh pertama tahun ini.

"Produksi otomotif meningkat di paruh kedua. Ini membuktikan daya beli masyarakat masih bertenaga," kata Airlangga dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, di ICE BSD City, Tangerang, Kamis 10 Agustus 2017.

Dirinya menambahkan, realisasi investasi untuk industri otomotif masih terbilang cukup baik. Pada saat yang bersamaan, investasi ini membawa dampak positif untuk membuka lapangan pekerjaan.

"Investasi sektor otomotif di 2017 yang diselesaikan nilainya mencapai Rp16,5 triliun. Penting terus tumbuh investor confidence sehingga menambah lapangan pekerjaan sebanyak 5 ribu orang tenaga kerja," jelas dia.

Data dari Gaikindo menyebutkan jika kapasitas produksi otomotif Indonesia sampai Juni 2017 mencapai 2,2 juta unit. Kapasitas ini meningkat setelah ada tambahan kapasitas produksi Mitsubishi Motor dan Wuling sebanyak 121 ribu unit.

"Dalam pengembangan industri otomotif, kami mengajak semua pihak berperan aktif karena industri otomotif Indonesia punya peran strategis dan memberikan dampak kepada perekonomian nasional," kata Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi.

Adapun pameran GIIAS 2017 ini digelar pada 10 Agustus hingga 20 Agustus 2017. Pameran ini diikuti oleh 32 agen pemegang merek (APM) dan 300 merek industri pendukung.

 


(AHL)