Bahas Elektronifikasi Jalan Tol, Para Menteri Merapat ke Kantor Darmin

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 06 Oct 2017 16:53 WIB
transaksi non tunaiemoney
Bahas Elektronifikasi Jalan Tol, Para Menteri Merapat ke Kantor Darmin
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah menteri dan pimpinan lembaga berkumpul di Kemenko Perekonomian, untuk membicarakan sistem pembayaran jalan tol yang berbasis elektrik.

Para menteri dan pimpinan institusi yang datang yakni Menteri Kominfo Rudiantara, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumantri, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, serta Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara.

Rapat dimulai sekitar pukul 14.00 WIB di Gedung Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat 6 Oktober 2017, di mana masing-masing pihak akan menyampaikan pandangan dan materinya terkait sistem pembayaran jalan tol tersebut. Rapat koordinasi ini dipimpin langsung oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Seperti diketahui seluruh gerbang tol pada Oktober 2017 tidak lagi melayani pembayaran secara manual atau tunai. Seluruh gerbang akan dibuat otomatis (GTO) dengan membayar secara elektronik melalui kartu.

Selain untuk mengurangi antrean, pelayanan transaksi elektronik di semua gerbang tol untuk meningkatkan cashless society.

Di sisi lain, Bank Indonesia telah memberikan izin pada perbankan penerbit untuk memungut biaya isi ulang pada kartu pembayaran elektronik. Konsumen akan dikenakan biaya apabila mengisi di luar ATM, seperti Alfamart, Indomart, dan sebagainya.

 


(AHL)