JIIPE Resmi, Soekarwo Optimistis Iklim Ekonomi Jatim Meningkat

Amaluddin    •    Jumat, 09 Mar 2018 20:26 WIB
jiipeKawasan Terpadu JIIPE
JIIPE Resmi, Soekarwo Optimistis Iklim Ekonomi Jatim Meningkat
Pelabuhan JIIPE. (FOTO: MI/Ramdani)

Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo optimistis keberadaan pelabuhan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Kabupaten Gresik bisa menumbuhkan perekonomian Jatim. Iklim ekonomi dalam ekspor dan impor bakal meningkat.

"Karena pelabuhan ini nantinya terintegrasi dengan seluruh keperluan kebutuhan pengguna jasa. Tujuan utamanya adalah memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi biaya logistik dalam pengiriman barang," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peresmian Pelabuhan JIIPE di Kabupaten Gresik, Jatim, Jumat, 9 Maret 2018.

Menurut Pakde Karwo, pelabuhan JIIPE salah satu strategi Pemprov Jatim untuk meningkatkan perekonomian Jatim. Namun, ia tak menyebut berapa keuntungan dan bagi hasil antara pemerintah pusat dengan Pemprov Jatim.

Orang nomor satu di Jatim itu hanya mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung keberadaan JIIPE, khususnya dari segi jaminan kemudahan atau government guarantee kepada investor. "Yang jelas, Pemprov siap membantu jika ada proses regulasi yang menjadi kewenangan pusat. Tentu JIIPE ini kita dukung, karena iklim ekonomi Jatim juga bisa meningkat," tambah dia.

Mantan Sekdaprov Jatim itu, pelabuhan model JIIPE merupakan model pelabuhan yang ideal. Sebab, bisa menekan ongkos produksi termasuk distribusi barang sehingga bisa kompetitif. "Tentu kegiatan industri akan semakin mudah dalam memberikan akses ke pasar domestik dan internasional. Pelabuhan model JIIPE ini ideal bagi pengembangan usaha di Indonesia," ujarnya.

Sebab, lanjut Pakde Karwo, ada beberapa fasilitas lengkap bisa didapatkan para investor. Di antaranya adalah Kemudahan Layanan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK). Sehingga, kata dia, ketika investor menerima izin dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), perusahaan bisa langsung membangun pabrik sekaligus langsung mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Ada banyak kemudahan yang diberikan di JIIPE, tapi perlu ada pembenahan dari segi perizinan yang sekarang masih terus diupayakan satu pintu dalam satu kawasan," ujarnya.

 


(AHL)