4 Cara untuk Membuat Komunikasi di Tempat Kerja Jadi Lebih Efektif

M Studio    •    Senin, 11 Jul 2016 15:10 WIB
indosat
4 Cara untuk Membuat Komunikasi di Tempat Kerja Jadi Lebih Efektif
Komunikasi yang efektif dapat meningkatkan produktivitas.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komunikasi memiliki peran penting untuk memastikan perusahaan atau organisasi Anda berjalan dengan lancar. Menurut Australian Institute of Business, ada beberapa alasan mengapa menjalin komunikasi yang baik dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting.

Salah satunya adalah karena komunikasi terbuka akan mendorong munculnya inovasi. Saat para pekerja merasa nyaman untuk menyampaikan pendapat mereka, maka mereka akan dengan senang hati menyampaikan ide baru yang dapat mendorong munculnya inovasi.

Alasan lainnya adalah karena komunikasi yang efektif berarti tim yang efektif. Tidak hanya itu, tim yang dapat saling berkomunikasi dengan baik juga akan memiliki semangat yang lebih tinggi. Lalu, apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat komunikasi di tempat kerja menjadi lebih baik?

1. Bicaralah dengan padat dan jelas

Tidak ada orang yang suka saat seseorang berbicara dengan bertele-tele. Karena itu, sebaiknya Anda langsung membahas topik yang hendak Anda bicarakan. Sampaikan apa yang Anda inginkan dengan jelas dan pastikan kalimat Anda tidak ambigu, sehingga lawan bicara Anda tidak akan salah paham mengenai apa yang ingin Anda sampaikan.

Misalnya, daripada mengatakan "Tolong selesaikan laporan ini secepatnya", Anda bisa berkata, "Tolong selesaikan laporan ini sebelum hari Jumat pukul 12 siang."

2. Jaga sikap

Selain gaya bicara, satu hal lain yang harus Anda perhatikan adalah bahasa tubuh. Sebisa mungkin, jangan memberikan kesan seolah Anda tidak ingin berbicara dengan lawan bicara Anda. Misalnya, dengan mengalihkan pandangan terus menerus, berdiri membungkuk, memasukkan tangan ke dalam kantong dan gerakan serupa.

Jika Anda berbicara sambil berdiri, berdirilah dengan tegak. Tatap lawan bicara saat Anda sedang berbicara dengannya. Selain itu, jangan berbicara sambil menggunakan smartphone Anda.

3. Terbuka dengan ide yang orang lain berikan

Komunikasi layaknya sebuah jalan dua arah. Karena itu, selain menyampaikan ide yang Anda miliki, sebaiknya Anda juga mendorong rekan kerja untuk menyampaikan ide mereka. Untuk itu, Anda dapat membuat diskusi terbuka atau menanyakan lebih lanjut tentang ide yang mereka miliki.

Saat teman atau bahkan atasan menyampaikan sesuatu yang mungkin Anda rasa salah, sebaiknya Anda tetap menunjukkan sikap menghormati mereka dan pendapat mereka saat menyampaikan argumen Anda.



4. Manfaatkan teknologi

Dulu, komputer memiliki bodi yang besar, sehingga hanya bisa digunakan di kantor atau di rumah. Kemudian, muncul laptop, yang memungkinkan Anda untuk membawa laptop bepergian. Kini, Anda bisa menggunakan tablet atau bahkan smartphone untuk bekerja.

Dengan teknologi yang semakin canggih, smartphone yang ada sekarang ini semakin bertenaga. Sehingga, semakin banyak hal yang bisa Anda lakukan melalui smartphone, termasuk bekerja. Selain itu, jaringan internet di Indonesia juga terus membaik.

Tahun lalu, operator-operator besar Indonesia secara resmi meluncurkan internet 4G nasional. Layanan internet 4G menawarkan internet dengan kecepatan yang lebih baik dari 3G. Gabungan antara smartphone bertenaga dan internet yang cepat akan memudahkan Anda berkomunikasi dengan rekan kerja.

Sekarang ini, ada banyak aplikasi messaging yang bisa Anda gunakan. Jika pesan singkat dirasa tidak cukup, Anda dapat melakukan video call yang memungkinkan Anda untuk menatap lawan bicara. Untuk berdiskusi bersama, Anda dapat mencoba untuk melakukan conference call.

Untuk melakukan semua itu, Anda memerlukan jaringan internet yang tidak hanya cepat, tapi juga stabil. Sadar akan kebutuhan kalangan bisnis/pekerja profesional, Indosat Ooredoo Business menawarkan Pro Freedom Combo yang tidak hanya menawarkan kuota yang lebih besar dari paket standar yang ditawarkan, tapi juga memberikan kuota bonus 4G. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kuota akan habis saat Anda sedang menggunakan internet.

Bonus kuota biasanya identik dengan batasan waktu, tapi tidak begitu dengan paket dari Indosat Ooredoo Business. Anda dapat menggunakan kuota yang ada tanpa batasan waktu.

Keberadaan video call dan conference call memang memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan kolega. Untuk dapat melakukan ini, Anda perlu koneksi internet yang cepat. Melalui Pro Freedom Combo miliknya, Indosat Ooredoo Business menawarkan koneksi 4G tercepat di Indonesia.

Jika Anda bekerja di perusahaan multinasional dan sering berpergian, Anda pasti familiar dengan kekhawatiran akan mahalnya biaya data roaming. Karena itulah, pada Pro Freedom Combo, Indosat Ooredoo Business memastikan bahwa mereka menawarkan tarif yang terjangkau untuk 173 negara di semua operator. Anda tidak lagi perlu khawatir dengan biaya roaming selangit setiap Anda pergi ke luar negeri.

Memiliki paket internet yang berkualitas tanpa didukung smartphone yang juga berkualitas akan menjadi sia-sia. Menyadari hal ini, Indosat Ooredoo Business menawarkan Pro Freedom Bundling, yang memungkinkan Anda untuk tidak hanya mendapatkan paket internet dari Indosat Ooredoo Business, tapi juga mendapatkan berbagai pilihan smartphone sesuai pilihan Anda.

Tentu Anda tahu, barang elektronik tak boleh terkena air, tapi dalam kehidupan sehari-hari risiko perangkat elektronik tercebur ke air tetap mungkin terjadi. Menyadari hal ini, Indosat Ooredoo Business memberikan jaminan proteksi 100 persen selama periode cicilan. Jika perangkat terkena air atau jatuh, mereka juga bersedia untuk memperbaiki smartphone.

Kalau sudah selengkap itu, mengapa masih ragu pakai Indosat Ooredoo Business? Gali informasi lebih dalam mengenai Pro Freedom Combo dan Pro Freedom Bundling sekarang juga.




(ROS)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA