UKM Harus Melek Digital

   •    Minggu, 16 Dec 2018 16:03 WIB
umkm
UKM Harus Melek Digital
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Medcom/Boby.

Jakarta: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mendorong pelaku UKM akrab dengan teknologi supaya bisa mengikuti perkembangan zaman.

"New era entrepreneurship dalam revolusi industri 4.0 merupakan hal yang baru bagi UKM. Kalau dulu kita ingin menjual barang harus punya toko, lalu punya usaha taksi harus beli mobil, punya usaha hotel harus membangun hotel, sekarang tidak demikian," kata Puspayoga dikutip dari Antara, Minggu, 16 Desember 2018.

Pengusaha hotel, tetapi tidak punya hotel. Pengusaha taksi, tapi tidak punya taksi, berjualan barang apa saja tidak punya toko. Semua ada di genggaman melalui aplikasi pada ponsel (telepon seluler). Dengan revolusi industri ini, UKM bisa maju.

Dekat dengan teknologi itu, imbuh Kepala Dinas UKM dan Koperasi Provinsi Bali I Gede Indra Putra, juga untuk mengimbangi gaya hidup masyarakat yang kini juga serbadigital.

"Sekarang semua harus cepat tersedia dan gampang didapat. Di Bali, mayoritas UKM di sektor swasta harus ikut beradaptasi dengan keinginan konsumen yang sudah masuk di era digital. Pengusaha harus cepat menangkap keinginan konsumen," kata Indra.

Hal itu sejalan dengan program PT HM Sampoerna Tbk yang sudah 10 tahun membina pengusaha kecil dan menengah untuk menjadi pengusaha mandiri dan akrab dengan digital.

Kepala Hubungan Daerah & CSR Sampoerna, Ervin Laurence Pakpahan menjelaskan pembinaan UKM yang dilakukannya kini lebih menggencarkan program yang makin mendekatkan pengusaha dengan teknologi.

"Saat ini ada 40 ribu wirausahawan di 79 kota/kabupaten di Indonesia yang dilatih di Pusat Pelatihan Kewirausahaan Sampoerna (PPK Sampoerna). Kepada mereka, kami perkenalkan new era enterpreneurship untuk lebih mendekatkan para pengusaha UKM ke era digital," kata Ervin.


(SAW)


Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss
World Economic Forum 2019

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss

6 hours Ago

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga menegaskan Indonesia siap menyongsong era revolusi i…

BERITA LAINNYA