OJK Awasi Penyaluran Asuransi Korban Lion Air

Ilham wibowo    •    Jumat, 02 Nov 2018 16:35 WIB
ojkLion Air Jatuh
OJK Awasi Penyaluran Asuransi Korban Lion Air
Juru bicara OJK Sekar Putih (paling kanan). (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)

Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal mengawasi penyaluran klaim asuransi terhadap korban jatuhnya pesawat Lion Air JT610 PK-LQP. Pemberian kompensasi kepada para korban merupakan kewajiban yang perlu dipenuhi pihak yang memiliki tanggung jawab.

Juru bicara OJK Sekar Putih mengatakan pengawasan yang dilakukan lembaganya akan fokus  terhadap aktivitas yang dilakukan perusahaan asuransi atau penanggung terhadap nasabah atau pihak tertanggung. Tugas dan fungsi perusahaan tersebut perlu dipastikan agar berjalan dengan baik sesuai mekanisme aturan.

"Perusahaan asuransi memang dimonitor oleh OJK, pengawasan industri asuransi juga bagian dari pengawasan OJK," ujar Sekar kepada Medcom.id, Jumat, 2 November 2018.

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) sebelumnya menyebut akan membayarkan klaim asuransi kepada para korban kecelakaan pesawat Boing 737 Max-8 di Tanjung Karawang. Nilai pertanggungan asuransi untuk penumpang akan dibayarkan sebesar Rp1,25 mililar kepada ahli waris dan pihak tertanggung Lion Air Group.

"Jumlah ganti kerugian terhadap penumpang yang meninggal dunia di dalam pesawat udara karena akibat kecelakaan pesawat udara atau kejadian yang semata-mata ada hubungannya dengan pengangkutan udara diberikan ganti kerugian sebesar Rp1,25 miliar per penumpang," ucap Presiden Direktur Tugu Insurance Indra Baruna, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 2 November 2018.

Besaran klaim asuransi tersebut telah sesuai dengan perjanjian polis yang mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 77/2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara pasal 3 (a), yakni sebesar Rp1,25 miliar per kepala.

Proses klaim asuransi bisa mulai dilakukan sekarang dan akan diproses dengan cepat. Tugu Insurance menyatakan siap 100 persen membayarkan kewajiban klaim kepada ahli waris.

Tugu Insurance dan Lion Air selama ini telah bekerja sama mencakup jenis proteksi asuransi secara menyeluruh, baik pesawat, penumpang, maupun air crew.

"Kami sebagai perusahaan asuransi siap 100 persen membayarkan kewajiban klaim kepada ahli waris dan pihak tertanggung Lion Air Group," katanya.

 


(AHL)