BPP Ginsi Siap Dorong Ekonomi Negara

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 13 Oct 2017 20:07 WIB
impor
BPP Ginsi Siap Dorong Ekonomi Negara
BPP Ginsi Siap Dorong Ekonomi Negara. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengurus Pusat (BPP) Gabungan Importir Nasional Seluruh lndonesia (Ginsi) menunjuk Anthon Sihombing sebagai Ketua Umum BPP Ginsi untuk menggantikan Rofik Natahadibrata yang habis masa baktinya. Anton memiliki janji, bahwa organisasinya bisa mendorong perekonomian negara dan bisa menjadi wadah bagi importir nasional ke depannya.

"Ginsi, wadah bersatunya para importir nasional. Keberadaannya sangat penting mengingat semua produk dari luar negeri diimpor secara resmi oleh pengusaha-pengusaha yang bergabung di Ginsi. Karenanya saya dan seluruh anggota lainnya sangat bersemangat dan ingin segera menyambut kesempatan untuk memimpin organisasi yang lebih solid dalam membangun perekonomian negara," kata Anthon Sihombing di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Jumat 13 Oktober 2017.

Menurut Anthon, Ginsi sebagai salah satu upaya untuk menunjukkan kepada semua pihak yang berhubungan dengan perdagangan dan perindustrian bahwa para pelaku usaha impor memiliki wadah dalam bentuk organisasi. Salah satu visi dan misi Ginsi adalah menjadi mitra pemerintah dalam menciptakan iklim usaha yang sehat dan tertib, sehingga dunia usaha dapat berkembang secara wajar dalam menunjang pertumbuhan perekonomian nasional.

"Para pengurus akan berupaya selalu berdampingan dengan pemerintah dalam menjalankan peraturan-peraturan yang berlaku terutama di dalam perdagangan internasional. Oleh karenanya pengurus Ginsi akan menjadi kepanjangan tangan dalam berpartisipasi mengamankan kebijakan-kebijakan pemerintah yang berlaku," ungkap Anthon.

Dengan pengukuhan jajaran yang baru, Anton berharap, organisasi ini bisa lebih berperan dalam mengatur keanggotaannya. Sehingga seluruh anggotanya dapat terpantau dan tercatat untuk selanjutnya menjadi database nasional.

Selain itu, produk dan perizinan yang diperuntukkan akan termonitor dan tertata dengan sistem yang terintegrasi dengan pihak regulator. Sehingga mereka bisa ikut memantau secara update akan aktifitas setiap pelaku usaha yang tergabung di dalam Ginsi. "Bahkan, dengan sistem yang terintegrasi, jumlah produk apa saja dapat terpantau selaras atau tidaknya dengan perijinan yang berlaku," jelas Anthon.

"Harapan kami, dengan pengukuhan ini pelaku usaha dapat selalu bersinergi dengan para stakeholder baik asosiasi maupun pembuat kebijakan. Sehingga fungsi dari BPP Ginsi ini dapat menjembatani para pelaku selaku usaha dalam mengimplentasikan peraturan peraturan yang berlaku dan juga sebagai mitra dan kepanjangan tangan regulator," pungkas Ratna Nila Juwita, SE MM, selaku Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Ketua Kompartemen Perdagangan Perindustrian BPP Ginsi.

Selain Anthon Sihombing sebagai Ketua Umum BPP Ginsi, berikut nama lain yang masuk dalam kepengurusan BPP GINSI periode 2017-2022:

1. Bowo Sidik Pangarso sebagai Pembina atau Penasehat.
2. Edison Betaubun sebagai Pembina atau Penasehat.
3. Erwin Taufan sebagai Sekretaris Jenderal.
4. Setiaji sebagai Wakil Ketua Bidang Kepelabuhanan.
5. Mustafa Kemal sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi.
6. Husein Siregar sebagai Wakil Ketua Bidang Perdagangan, Perindustrian.


(AHL)