Ketika Ratu Belanda Kunjungi Kios Bakwan

   •    Rabu, 14 Feb 2018 11:48 WIB
rehat
Ketika Ratu Belanda Kunjungi Kios Bakwan
Ratu Belanda Queen Maxime (kiri) bersama Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: dok Kemenko Perekonomian)

Jakarta: Di tengah-tengah jadwal kunjungan yang superpadat, Ratu Maxima dari Belanda menyempatkan bertemu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang telah memanfaatkan perkembangan multiplatform digital, Go-Jek.

Pertemuan berlangsung di kios bakwan malang di area kuliner Sabang, Jakarta Pusat. Dengan dijaga pengawalan ketat, Ratu tampak santai berbincang dengan pemilik kios serta pengemudi ojek online.

"Tadi sempat berbincang. Ratu ingin tahu manfaat yang saya rasakan setelah bergabung dengan Go-Food (bagian layanan Go-Jek)," tutur Ken, pemilik kios bakwan malang seusai bertemu Ratu Maxima, Selasa, 13 Februari 2018.

Ken mengakui dirinya merasakan dampak signifikan dari sisi penjualan. Pasalnya, konsumen kini dimudahkan dengan layanan pesan antar oleh pengemudi, sehingga dapat menghemat waktu.

Terlebih, kios yang dikelola Ken tidak terlalu luas. Sehingga, begitu jam makan siang tiba, kerap kali konsumen terpaksa menunggu giliran masuk. Tidak sedikit konsumen akhirnya mencari alternatif penjual makanan. Tentu saja itu akan mengurangi potensi rupiah yang diraup Ken.

"Setelah masuk Go-Food, konsumen bisa menghemat waktu. Jadi mereka dipermudah, tinggal terima, beres. Pengaturan uang yang masuk ke kita juga lebih gampang. Karena sudah jelas, berapa potongan komisi dan pendapatan bersih," imbuhnya.

Sayangnya, dalam kesempatan itu, Ratu Maxima tidak memberi pernyataan ke pewarta lantaran harus melanjutkan aktivitas ke lokasi lain.

CEO Go-Pay Aldi Haryopratomo mengatakan Go-Jek grup berupaya memberi kesempatan kepada UMKM untuk mengembangkan sayap bisnis melalui fasilitas yang disediakan Go-Jek. Ratu Maxima, sambung dia, memberi saran agar pengembangan UMKM dilihat secara holistik, termasuk memperhatikan rantai pasok (supply chain). Dalam hal ini, sektor UMKM dikatakannya perlu didorong untuk memperoleh akses keuangan.

"Ratu bilang bagaimana melihat UMKM dari sisi holistik. Bagaimana UMKM bisa dibantu supply chain-nya," ucap Aldi.

Aldi pun berharap pertemuan dengan Ratu Maxima yang merupakan utusan PBB terkait inklusi keuangan, bisa membawa angin segar terhadap pengembangan bisnis Go-Jek. (Media Indonesia)


(AHL)