Empat Bank BUMN Beroperasi Terbatas saat Pilkada DKI Putaran Kedua

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 18 Apr 2017 11:04 WIB
perbankanpilkada dki 2017
Empat Bank BUMN Beroperasi Terbatas saat Pilkada DKI Putaran Kedua
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membuka layanan terbatas selama pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua. Adapun empat bank BUMN itu yaitu BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri akan tetap melayani beberapa transaksi sesuai dengan yang dilayani oleh Bank Indonesia (BI).

"Libur yang di Jakarta tapi ada layanan terbatas, karena BI juga kan tetap buka," ujar Direktur Utama BRI Suprajarto, ditemui di Kantor BUMN, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa 18 April 2017.

Dirinya menambahkan, layanan terbatas yang diberikan adalah untuk transaksi transfer antarrekening Real Time Gross Settlement Systems (RTGS) dan Kliring. Selain itu ada pula transaksi nontunai serta pembayaran bisnis.

Baca: BI Buka Operasional Terbatas saat Pilkada DKI Putaran Kedua

Sama seperti BRI, Bank Mandiri juga membuka layanan terbatas saat Pilkada DKI putaran kedua. Bagi karyawan yang memiliki KTP DKI Jakarta, perseroan memberikan kelonggaran dengan mengizinkannya masuk setelah melakukan pencoblosan.

"Daerah buka semua, kalau Jakarta tidak semua cabang beroperasi dan bagi karyawan yang ber-KTP DKI dia akan shift artinya tukar masuk lebih siang. Tapi kegiataan bisnis segala macam yang di DKI Jakarta akan terbatas," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas.

Sebelumnya BI akan membuka opersional secara terbatas pada 19 April. Keputusan ini sejalan dengan keputusan pemerintah namun bank sentral tetap memberikan layanan untuk perekonomian nasional.


(AHL)