Harga Cabai Merah di Kupang Kembali Melonjak

   •    Minggu, 16 Jul 2017 13:47 WIB
harga cabai
Harga Cabai Merah di Kupang Kembali Melonjak
Cabai. MI/ARYA MANGGALA.

Metrotvnews.com, Kupang: Harga cabai merah di Pasar Tradisional Kasih, Kelurahan Naikoten 1 Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur kembali melonjak, pada hari ini. Harga cabai merah di pasar tersebut sebesar Rp45.000 per kilogram (kg) atau naik sebesar Rp5.000 per kg dari harga sebelumnya Rp40.000 per kg.
 
Julius Taek, pedagang di pasar Kasih mengatakan lonjakan harga bukan disebabkan kelangkaan cabai, melainkan terganggunya distribusi komoditas tersebut dari petani ke pasar. Menurutnya cabai yang dijual saat ini didatangkan dari petani di desa-desa Amfoang, wilayah Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan Distrik Oekusi, Timor Leste.

"Kondisi jalan menuju Amfoang berbatu-batu sehingga butuh ongkos besar mendatangkan cabai sampai ke pasar," kata Julius dikutip dari Media Indonesia, Minggu 16 Juli 2017.

Padahal harga cabai sebelum bulan ramadan Rp45.000 per kg kemudian turun karena adanya operasi pasar murah yang digelar bulog. Namun permintaan cabai di pasar tersebut tetap normal.

"Harga mahal pun permintaan cabai tetap normal," ujarnya.

Sementara itu harga bawang putih justru terus turun mencapai Rp40.000 per kg dari harga satu pekan sebelumnya Rp60.000 per kg. Begitu pula harga bawang merah sudah turun mencapai Rp35.000 per kg dari harga Rp38.000 per kg.

Sesuai pantauan, harga bahan kebutuhan pokok lainnya di pasar tersebut tidak mengalami lonjakan harga seperti daging sapi Rp80.000 per kg, telur Rp45.000 per rak isi 30 butir, dan kentang Rp20.000 per kg. Pedagang lainnya, Misram mengatakan permintaan cabai berkurang sejak terjadi penaikan harga.

"Biasanya konsumen membeli antara dua sampai tiga kilogram cabai, sekarang ada yang beli satu kilogram cabai tetapi ada juga yang beli setengah kilogram," pungkas dia.


(SAW)