Lelang Gula Rafinasi Beri Kepastian Ketersediaan dan Harga

Husen Miftahudin    •    Sabtu, 17 Jun 2017 14:35 WIB
gula
Lelang Gula Rafinasi Beri Kepastian Ketersediaan dan Harga
Ilustrasi pedagang gula. (Foto: ANTARA/Jessica Wuysang)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah membuka akses bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mendapat gula rafinasi. Ini sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 16 Tahun 2017 tentang Perdagangan Gula Kristal Rafinasi (GKR) Melalui Pasar Lelang Komoditas.

Langkah itu disambut positif para pengusaha yang bergerak di sektor industri makanan dan minuman (mamin). Ketua Koperasi Ritel Tambun, Suyono, mengaku bahwa selama ini para pelaku usaha harus berebut mencari gula rafinasi, bahkan sering tak kebagian jatah dari pabrik-pabrik.

"Lelang ini bisa memberi kepastian ketersediaan barang dan harga yang kompetitif. Kami meminta harga yang wajar dan barangnya ada," ujar Suyono dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu 17 Juni 2017.

Baca: Lelang Gula Rafinasi Dinilai Mampu Atasi Rembesan

Menurut Suyono, keluarnya Permendag 16/2017 membuat GKR hanya diperdagangkan melalui mekanisme pasar lelang komoditas secara daring. Lebih mudah dan praktis ketimbang sebelumnya bahwa dalam mendapat gula rafinasi bisa dari mana saja dan dengan harga yang tidak terkendali.

"Pelaku UKM mamin tahu bahwa gula rafinasi itu bagus. Kualitasnya bagus dan umurnya panjang sehingga permintaan dari UKM selalu naik," papar dia.

Selama ini sulit bagi UKM mendapat gula lantaran tidak semua produsen gula rafinasi tidak melayani pembelian dalam jumlah kecil. UKM hanya bisa membeli lewat distributor yang hal tersebut menurut Suyono harga jualnya lebih tinggi.

Baca: APTRI Mendukung Kebijakan Lelang Gula

"Dengan mekanisme baru, pasar lelang GKR bersifat online dan real time dengan metode permintaan beli (bid) dan penawaran (offer) pada volume 1,5 dan 25 ton. Dengan lelang ini juga adanya jaminan kontinuitas pasokan kepada UKM dari pabrik, sehingga produksi UKM mamin juga bisa kontinu," jelas Suyono.

Suyono percaya produk UKM makanan-minuman akan lebih bersaing jika mendapat kepastian pasokan yang membuat harga produk UKM semakin kompetitif. "Lelang ini cara yang bagus, transparan, dan harus didukung semua pihak. Kami pengusaha kecil sudah capek ditendang-tendang ke sana-sini oleh pabrik-pabrik mencari gula rafinasi," tutup Suyono.


(AHL)

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

13 hours Ago

Aparat TNI AL Wilayah Dumai, Riau, menangkap sebuah kapal motor kayu yang diduga mengangkut 24 …

BERITA LAINNYA