BI Masih Optimistis Kredit Tumbuh Double Digit

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 04 Aug 2017 16:40 WIB
bank indonesiakredit
BI Masih Optimistis Kredit Tumbuh <i>Double Digit</i>
Gubernur BI Agus Martowardojo. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mengaku optimistis jika pertumbuhan kredit sampai akhir tahun akan mencapai double digit. Perbaikan kondisi ekonomi di semester II diyakini akan memberi dampak positif bagi pertumbuhan kredit meski pada Juni 2017 pertumbuhan kredit baru mencapai 7,6 persen.

"Secara umum kita harapkan semua sektor akan lebih baik di semester II ini. Sehingga pertumbuhan kredit membaik di semester II tahun ini," kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Kompleks BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 4 Agustus 2017.

Dirinya menambahkan, kondisi ekonomi Indonesia saat ini dalam kategori yang baik. Apalagi pada semester II, belanja pemerintah untuk infrasturktur akan mengalami peningkatan sehingga diharapkan dapat memberi sinyal positif bagi pertumbuhan kredit perbankan.

"Tingkat indikator ekonomi menunjukan kondisi yang baik. Konsolidasi korporasi perbankan masih berjalan, permintaan masyarakat hingga Juni agak lemah. Tapi kita harapkan semuanya ini membaik di semester II," jelas dia.

Selain itu, harga komoditas andalan ekspor Indonesia menunjukan perbaikan sehingga akan berdampak baik bagi perekonomian. BI memperkirakan kondisi ini akan terus mengalami perbaikan seiring dengan membaiknya harga komoditas di pasar global.

Sememtara untuk konsolidasi perbankan, diprediksi akan mengalami perbaikan. Hal ini seiring dengan pengendalian rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) sehingga kemampuan bank dalam menyalurkan kredit akan lebih baik lagi.

"NPL yang terjaga tapi kita tahu bahwa mereka sendiri sedang konsolidasi kalau tidak melanjutkan relaksasi. Bagaimana nanti respons mereka, jadi mereka cukup hati-hati. Kalau membaik kita lihat potensi ekonomi Indonesia pada semester II-2017 akan membaik, pungkasnya.

 


(AHL)