Presiden Tinjau Proyek Rumah DP 1% di Kaltim

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 13 Jul 2017 19:56 WIB
program sejuta rumah
Presiden Tinjau Proyek Rumah DP 1% di Kaltim
Presiden Joko Widodo meninjau rumah DP 1% di Kalimantan Timur, Kamis 13 Juli 2017. Foto: Biro Pers Setpres

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo meninjau proyek rumah murah dengan uang muka atau down payment (DP) 1% yang berlokasi di Kecamatan Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur. Proyek ini dilakukan guna mewujudkan program satu juta rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Ini perumahan yang disubsidi pemerintah, baik yang disubsidi uang muka maupun yang disubsidi bunga. Jadi ini rumah dengan DP 1% betul-betul," ujar Presiden di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis 13 Juli 2017.

Presiden mengatakan sudah terbangun sebanyak 500 unit rumah tapak. Target dari proyek di perumahan bernama Pesona Bukit Batuah ini yaitu 4.000 unit rumah. "Harganya tadi saya tanyakan ke pembeli Rp128 juta hingga Rp135 juta," katanya.

Cicilannya bervariasi. Jika kredit selama 10 tahun maka cicilan per bulannya Rp1,3 juta. Jangka waktu 15 tahun Rp1,050 juta per bulan, 20 tahun Rp780 ribuan. "Saya kira subsidi yang kita berikan ini sangat membantu," kata Presiden.

Presiden memastikan program serupa akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia. "Setiap tahun akan kita tambah terus bergantung kebutuhan lapangan," ucap dia.

Baca: Lebih Banyak Orang Menikmati Rumah Subsidi

Untuk mengurangi adanya penyimpangan, pemerintah akan mengecek secara menyeluruh pembeli proyek rumah. Sehingga, penerimanya merupakan masyarakat yang memang membutuhkan.

"Pendapatan mereka dicek, kerja di mana, semuanya dicek, semuanya," tegas Presiden.

Ia pun menegaskan, rumah ini layak huni. Namun, ia meminta kepada semua pihak agar tidak membandingkan proyek rumah ini dengan rumah mewah. "Ini akan menjadi rumah tumbuh. Bisa diperbaiki dan diperluas sendiri," tutur Presiden.

Dalam proyek pengadaan rumah murah ini pemerintah bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai Bank BUMN yang khusus bergerak di bidang kredit kepemilikan rumah.

Untuk menyukseskan Program Sejuta Rumah yang diusung Pemerintah sejak April 2015 hingga Juni 2017, BTN telah menyalurkan kredit perumahan untuk rakyat sekitar 1,44 juta unit dengan total Rp156 triliun.




(UWA)