BI-REI Sepakati Kerja Sama Pertukaran Informasi di Sektor Perumahan

Eko Nordiansyah    •    Senin, 02 Apr 2018 10:49 WIB
propertirei
BI-REI Sepakati Kerja Sama Pertukaran Informasi di Sektor Perumahan
Penandatanganan nota kesepahaman antara BI dan REI -- Foto: Medcom.id/ Eko Nordiansyah

Jakarta: Bank Indonesia (BI) bersama Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) menyepakati kerja sama dalam rangka pengumpulan dan pertukaran data dan/atau informasi khususnya mengenai properti, terutama di sektor perumahan.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Kepala Departemen Statistik Bank Indonesia Yati Kurniati dengan Ketua Umum REI Soelaeman Soewaminata, dan disaksikan oleh Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara.

"Bank Indonesia membutuhkan informasi yang akurat dan cepat, salah satunya mengenai perkembangan sektor properti agar mampu menetapkan kebijakan yang tepat," ujarnya di Gedung Sjafruddin Prawiranegara Kompleks Perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 2 April 2018.

Dengan informasi yang lebih menyeluruh baik dari sisi pelaku industri properti, konsumen, maupun perbankan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kinerja properti yang lebih sehat dan kuat, yaitu akselerasi pertumbuhan dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian bagi lembaga keuangan penyalur pembiayaan.

Melalui kesepakatan ini, bank sentral bersama dengan REI akan melakukan pertukaran data dan/atau informasi khususnya di sektor properti. Sehingga diharapkan langkah ini dapat terlaksana dengan optimal dan dapat menunjang pelaksanaan tugas masing-masing lembaga. 

Selain pertukaran data dan informasi, kerja sama ini juga mencakup pengembangan kompetensi sumber daya manusia melalui focus group discussion, penelitian bersama, seminar, dan sosialisasi, serta kerja sama lainnya yang disepakati BI dan REI.


(Des)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA