Jokowi Perintahkan Darmin Menengahi Polemik Impor Beras

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 20 Sep 2018 14:46 WIB
impor beras
Jokowi Perintahkan Darmin Menengahi Polemik Impor Beras
Kepala Staf Kepresidenan Jenderal Purn Moeldoko. Foto: Medcom.id/Dheri.

Jakarta: Presiden Joko Widodo ingin polemik soal impor beras di jajaran kabinetnya segera diakhiri. Jokowi memerintahkan Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk menengahi masalah itu.
 
"Sebentar lagi mau diundang Menko Perekonomian untuk duduk sama-sama. Enggak boleh begitu. Semuanya kan harus terkoordinasi dengan baik," kata Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 20 September 2018.
 
Perdebatan impor beras ini terjadi antara Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas).
 
Enggartiasto telah mengeluarkan izin impor 2 juta ton beras secara bertahap pada 2018. Sedangkan, Buwas tak setuju dengan kebijakan impor itu. Bahkan, kata Buwas, gudang Bulog sudah penuh dengan persediaan beras.

Baca: Menko Darmin: Tak Perlu Gaduh soal Impor Beras

Menurut Moeldoko, polemik itu muncul akibat ada miscommunication. Dia yakin masalah itu bisa selesai setelah Enggartiasto dan Buwas dipertemukan.
 
"Jadi kalau Pak Buwas mengatakan ooo sekarang masih penuh, mungkin minggu depan, dua minggu lagi berkurang karena kebutuhan memenuhi pasar. Sebenarnya masalah komunikasi. Kalau sudah dikomunkasikan oleh menteri koordinator saya pikir sudah (selesai)," ucap dia.
 
Eks Panglima TNI itu belum mengetahui pasti kapan pertemuan itu akan berlangsung. Yang pasti, kata dia, Jokowi minta Darmin secepatnya mengundang Enggartiasto dan Buwas.


(FZN)