Jokowi Ajak Investor Kembangkan Blended Finance

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 11 Oct 2018 23:58 WIB
IMF-World Bank
Jokowi Ajak Investor Kembangkan <i>Blended Finance</i>
Presiden Jokowi. MI/Ramdani.

Nusa Dua: Presiden Joko Widodo mengajak para investor untuk ikut mengembangkan skema pembiayaan blended finance. Salah satu inovasi pembiayaan ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk ikut membiayai pembangunan yang dilakukan oleh negara.

"Inovasi keuangan dari blended finance akan membantu mengurangi penderitaan mengurangi kemiskinan," kata Jokowi dalam Forum Tri Hita Karana yang diselenggarakan di sela Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Dirinya menambahkan, skema pembiayaan blended finance bertujuan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Hal yang sama sudah dilakukan oleh pemerintah dengan meluncurkan  SDGs Indonesia One.

Skema ini memungkinkan pendanaan terintegrasi yang berasal dari berbagai sumber, mulai dari private, filantrofi, lembaga donor, lembaga keuangan multilateral dan bilateral, perbankan, asuransi, dan investor. Kombinasi program pemerintah ini dilengkapi program lain yang bisa didanai BUMN, bahkan private sector.

"Forum keuangan terpadu di Bali akan memobilisasi miliaran dolar untuk berbagai proyek yang melayani berbagai SDGs dengan demikian kita akan memodernisasi kondisi hidup jutaan orang di kawasan dan di seluruh dunia," jelas dia.

Adapun beberapa program yang mungkin dibiayai oleh SDGs di antaranya adalah pembangunan infrastruktur dasar seperti air bersih dan sanitasi, pendidikan, kesehatan, hingga transportasi umum yang bisa mengakomodasi aktivitas masyarakat di suatu wilayah.

"Terima kasih atas semua pekerjaan baik yang Anda lakukan, banyak pekerjaan inovatif untuk menciptakan kehendak yang inovatif untuk membiayai tujuan baik di bawah SDGs. Saya berharap Anda semua produktif dan bahagia," pungkasnya.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

20 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA