Menko Luhut Siap Bicarakan Lima Kesepakatan ke Menteri Susi

Annisa ayu artanti    •    Senin, 19 Sep 2016 20:26 WIB
kemenko maritim
Menko Luhut Siap Bicarakan Lima Kesepakatan ke Menteri Susi
Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan ada beberapa kesepakatan sektor kelautan dan perikanan yang akan dibicarakan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Kesepakatan pertama terkait dengan para pengusaha dan nelayan untuk memberantas illegal fishing. Hal ini senada dengan yang diterapkan Susi selama ini.

"Yang menarik adalah, pertama mereka sepakat untuk melawan illegal fishing," kata Luhut di Kantor Menko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (19/9/2016).

Lalu, kesepakatan kedua terkait usulan diizinkannya kembali penggunaan kapal dengan kapasitas 400 GT. Menurutnya, nelayan saat ini mampu untuk menangkap ikan dalam jumlah yang besar dan memenuhi kebutuhan industri jadi kenapa harus ada pelarangan.

"Kedua, mereka mampu melakukan penangkapan ikan di laut dalam, jika mereka dikasih izin kapal 400 GT," sebut dia.

Luhut juga sepakat dengan para nelayan untuk memelihara lingkungan. Mereka berjanji tidak akan merusak lingkungan dengan mengambil ikan sebanyak-banyaknya (over fishing).

Kemudian, Luhut melanjutkan nelayan juga sepakat untuk membayar pajak. Hal itu akan dibicarakannya kepada Menteri KKP karena selama ini diakuinya pajak dari sektor tersebut kecil.

"Mereka juga akan bayar pajak. Karena pembayaran pajak mereka kecil juga jadi intinya kita mau jadi tuan rumah di negeri kita," ujar dia.

Kelima, ditambahkannya, dirinya dan nelayan sepakat supaya ikan yang ada di laut Indonesia diambil oleh masyarakat Indonesia. Jadi tidak diberikan kepada orang asing.

"Nelayan ini sepakat ambil ikan di Indonesia ngapain orang lain. Mereka saya tanya berkali-kali mereka bilangnya setuju," pungkas dia.

Setelah pertemuan dengan Menteri KKP, dilanjutin luhut akan segera dibuat Peta jalan atau road map sektor kelautan dan perikanan.

"Kita mau industri perikanan perform kayak tahun-tahun lalu," pungkas dia.



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA