Pemerintah Mulai Rancang Program Pemerataan 2018

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 16 Mar 2017 19:16 WIB
kesenjangan sosial
Pemerintah Mulai Rancang Program Pemerataan 2018
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: MTVN/Wahyu A. Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah sudah mulai merancang program perbaikan pemerataan sesuai dengan visi misi Presiden dan Wakil Presiden untuk 2018.

Rancangan tersebut dibicarakan dalam rapat di tingkat Menko Perekonomian Darmin Nasution dengan menghadirkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Kamis 16 Maret 2017.

Usai rapat, Bambang mengatakan untuk tahun depan, Pemerintah mulai merumuskan kegiatan-kegiatan yang tujuannya untuk menciptakan pemerataan.

Baca: Pemerataan Ekonomi Perlu Ditopang Stabilitas Makro

"Rapat kegiatan-kegiatan yang menunjuang pemerataan atau perbaikan pemerataan terutama di 2018," kata Bambang di Kementerian Keuangan, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Kegiatan atau fokus yang akan dilakukan untuk pemerataan di antaranya melalui reformasi di bidang agraria, pertanian dan perkebunaan, kemudahan bagi para nelayan, vokasi, perumahan rakyat, industri kecil, dan retail.

"Itu yang akan jadi fokus di kebijakan pemerataan. Salah satunya realokasi kepemilikan lahan, sama sertifikasi," ujar mantan Menteri Keuangan ini.

Lebih jauh dirinya menambahkan, terkait anggaran, Pemerintah masih belum menyusun berapa besaran atau porsinya.

 


(AHL)