Bank Mandiri-Askrindo Kerja Sama Penjaminan Kredit Mikro

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 25 Nov 2016 16:55 WIB
bank mandiri
Bank Mandiri-Askrindo Kerja Sama Penjaminan Kredit Mikro
Bank Mandiri-Askrindo Kerja Sama Penjaminan Kredit Mikro. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sepakat untuk menjaminkan kredit serbaguna mikro (KSM) yang disalurkan perseroan kepada PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo). Pada perjanjian ini, Askrindo akan memberikan penjaminan KSM atas risiko peristiwa yang menyebabkan debitur tidak dapat memenuhi kewajibannya kepada Bank Mandiri.

Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Direktur Distribution Bank Mandiri Hery Gunardi, Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi, Direktur Utama PT Askrindo Budi Tjahjono, dan Direktur Teknik PT Askrindo Mohammad Shaifie Zein.

Menurut Tardi, kerja sama ini akan menunjang kelancaran dan efektifitas proses penyaluran KSM Bank Mandiri dalam hal penyediaan jasa penjaminan bagi debitur. Adapun skim penjaminan yang digunakan adalah asuransi kredit konsumtif yang dimiliki oleh Askrindo.

"Kerja sama ini juga menjadi sinergi yang strategis antara dua perusahaan BUMN dalam peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro. Harapannya, kerjasama ini dapat mendorong penguatan peran sektor riil pada ekonomi nasional," ujarnya di Plaza Mandiri, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Dalam pelaksanaan kerja sama penjaminan ini, Bank Mandiri akan menawarkan kepada calon debitur KSM berbagai produk penjaminan yang dimiliki seluruh perusahaan penjamin rekanan Bank Mandiri, di mana salah satunya adalah Askrindo. Selanjutnya, calon debitur dapat memilih produk penjaminan yang akan digunakan.

"Hal ini juga akan menguntungkan pelaku usaha mikro sebagai calon debitur karena memiliki alternatif pilihan perusahaan penjamin," jelas Tardi.

Penjaminan oleh perusahaan penjamin sangat diperlukan untuk menjaga kualitas kredit mikro yang disalurkan dapat terjaga baik. Pada periode Januari hingga Oktober 2016, Bank Mandiri telah menyalurkan kredit mikro sebesar Rp30,4 triliun, atau meningkat 14,3 persen dari Oktober tahun lalu. Dari nilai tersebut, kontribusi Kredit Serbaguna Mikro mencapai 28,3 persen atau Rp8,6 triliun.


(AHL)